Follow kami di google berita

DPRD Samarinda Sarankan Pihak Kepolisian Bersikap Humanis Dalam Melayani Masyarakat

(Foto: Anggota Komisi I DPRD Kota Samarinda, Joni Sinatra Ginting/Ist)

Anews.id, Samarinda – Anggota Komisi I DPRD Samarinda, Joni Sinatra Ginting, katakan buka rahasia umum apabila tingkat kepercayaan publik terhadap institusi kepolisian mengalami penurunan.

Karena beberapa waktu lalu, pihak kepolisian mengalami kasus pembunuhan Brigadir Yoshua oleh mantan Kadiv Propram Ferdy Sambo dan kasus lainnya. Maka dari itu masyarakat memberikan sorotan negatif.

Dari kejadian tersebut, Polresta Samarinda mengadakan survei kepuasan masyarakat terhadap kinerja kepolisian.

Survei tersebut bertujuan untuk mengetahui, penilian terhadap masyarakat terhadap kerja kepolisian di kawasan Kota Samarinda.

“Jadi tadi mereka minta survei kepuasan bagaimana masyarakat selama ini menanggapi pelayanan yang dilakukan oleh kepolisian,” kata Joni Sinatra Ginting di Kantor DPRD Samarinda usai menghadiri rapat tim penelitian Sespim Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lemdiklat Polri) di Polresta Samarinda, Selasa (7/3/2023).

Joni menyarankan pihak kepolisian lebih mengutamakan pendekatan humanis melalui pelayanan masyarakat demi mengembalikan kembali kepercayaan publik. Bahkan, mampu meningkatkan kepuasan.

“Saya pun menyampaikan agar melakukan pendekatan secara humanis untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat,” ucapnya.

Salah satu yang dapat dilakukan yakni pihak kepolisian yang tidak arogan, menjunjung tinggi nilai hak asasi manusia, tidak melakukan kekerasan kemudian sikap ramah, murah senyum dan simpati kepada masyarakat.

“Kalau semua dilakukan secara humanis, saya rasa semuanya akan kembali baik,” tandasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel