Follow kami di google berita

DPPKBP3A Berau akan Tindaklanjuti Temuan Pekerja Wanita di Bawah Umur oleh Camat Teluk Bayur

A-News.id, Tanjung Redeb – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) memastikan akan menindaklanjuti temuan dari pihak kecamatan Teluk Bayur yang melaporkan adanya pekerja wanita di bawah umur di wilayah Kampung Labanan Makmur, Senin (25/7/2022).

Sebagaimana diberitakan, pada, Sabtu (23/7/2022) Pemerintah Kecamatan Teluk Bayur bersama personel dari Satpol PP melakukan sidak ke lima lokalisasi yang berada di kawasan Lamin, Jalan Poros Teluk Bayur-Labanan. itu setelah mendapat laporan dari warga setempat.

Saat dikonfirmasi, Camat Teluk Bayur, Endang Iriani menceritakan, bahwa dari hasil penelusuran yang ia temui di lapangan, lokalisasi yang ia jumpai kebanyakan merupakan tempat hiburan malam (THM) yang berkedok warung makan juga didapati adanya peredaran miras.

Mirisnya lagi, dari hasil interogasi yang ia lakukan ke beberapa tenaga pekerja wanita di tempat tersebut diantaranya merupakan anak di bawah umur yang rata-rata berasal dari luar daerah Kabupaten Berau.

Kabid PPA DPPKBP3A Berau, Nurjatiah mengatakan, langkah awal yang harus ditempuh adalah melakukan assessment atau upaya untuk mendapatkan data maupun informasi dari tingkat pemerintah kecamatan hingga aparatur kampung setempat.

“Kami harus tindak lanjut langsung dengan turun ke lapangan,” katanya.

Kata Kabid PPA tersebut, peran dinas disini hanya sebatas mengamankan korban dan melakukan penyuluhan. Tindakan itu pun diakui tidak mudah, karena harus melalui proses yang cukup panjang. Dimulai dengan mencari tahu latar belakang korban yang bersangkutan sampai dengan mengumpulkan data diri hingga keluarga korban.

Itu dilakukan untuk menghindari timbulnya trauma baru kepada anak yang akan diberi penyuluhan. Selain itu, sebelum proses penyuluhan perlu ada persetujuan dari pihak korban dengan DPPKBP3A.

“Kami tidak boleh memaksa, berartikan kami harus bekerja sama dulu dengan yang lain, sampai upaya penyuluhan dapat kita lakukan,” tandasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel