Follow kami di google berita

Dorong Pengembangan UMKM untuk Tingkatkan Perekonomian Lokal

A-News.id, Tanjung Redeb – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kabupaten Berau, mendorong Pemerintah Kabupaten Berau untuk memperkuat dan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bumi Batiwakkal.

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Berau, Sakirman, mengatakan pengembangan UMKM perlu dilakukan guna mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

“Kami berharap Pemkab Berau terus mendorong tumbuh kembangnya UMKM, baik kualitas, kuantitas produk, SDM dan pemasaran produk,” jelas Sakirman, saat mengikuti rapat Paripurna penetapan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023, pekan lalu.

Menurutnya, sektor UMKM memiliki potensi besar dalam menggerakkan roda ekonomi lokal dan mengurangi angka pengangguran.

“UMKM bisa menjadi tulang punggung perekonomian Kabupaten Berau. Karena itu, kami mendorong Pemerintah Kabupaten Berau untuk memberikan perhatian lebih dalam pengembangan UMKM ini,” ujarnya.

Sakirman juga menyinggung pentingnya Pemkab Berau mengoptimalkan kebijakan dan program-program yang mendukung UMKM. Seperti memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM, serta menyediakan akses pembiayaan yang terjangkau.

“Karena itu diperlukan langkah konkret dalam mengembangkan UMKM. Kebijakan dan program yang mendukung pertumbuhan sektor ini harus dapat diimplementasikan dengan maksimal,” tegas Sakirman.

Dia menambahkan, pemerintah perlu berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait, baik itu lembaga keuangan maupun lembaga pendidikan, untuk menciptakan sarana dan prasarana yang kondusif bagi UMKM.

“Kami berharap adanya sinergi antara pemerintah, sektor swasta, serta masyarakat dalam memajukan ekonomi kabupaten,” imbuhnya. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel