Follow kami di google berita

DISHUB GELAR PEMERIKSAAN KENDARAAN ANGKUTAN BARANG

ANews, Berau – Dinas Perhubungan(Dishub) Kabupaten Berau kerja sama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) kaltim Kaltara wilayah XVII Balikpapan, gelar pemeriksaan kendaraan angkutan barang. Pemeriksaan digelar di kantor Dishub Berau, dan turut serta personel Polres berau, Kejari Tanjung Redeb, dan Pengadilan, Senin (15/02/2021).

Abdurrahman, Kepala Dishub Berau mengatakan kegiatan pemeriksaan ini dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Pemeriksaan ini difokuskan terhadap kapasitas muatan yang dibawa oleh kendaraan. Tak hanya itu saja pada pemeriksaan ini juga mengecek administrasi kendaraan, dan kelayakan kendaraan.

“Kegiatan ini telah diprogramkan oleh BPTD Kaltim kaltara Wilayah XVII Balikpapan dan kegiatan dilaksanakan tiap tahunnya,”

“Jadi pelaksanaannya pada hari ini melibatkan semua unsur, dan pelaksanaannya sidang di tempat, jadi kegiatan ini berfokus pada muatan berlebih dari kapasitas suatu kendaraan (overload),” bebernya.

Pasalnya kelebihan kapasitas kerap kali terjadi. Tak bisa dipungkiri berlebihnya kapasitas muatan suatu kendaraan tentu sangat membahayakan bagi sang supir maupun pengguna jalan lain. Tak hanya itu saja kerusakan badan jalan bisa saja terjadi jika tiap harinya dilewati kendaraan overload.

Abdurrahman pun mengharapkan agar kesadaran baik dari distributor maupun supir lebih memahami dan memperhatikan tentang kapasitas barang bawaan.

“Adapun kendaraan yang membawa muatan diharapkan dapat mematuhi peraturan yang sudah diterapkan terkait dengan muatan dan terkait dengan perlengkapan kendaraan mereka sendiri, agar dalam melaksanakan kegiatan di lapangan tak terjadi masalah,” tutupnya. (jul/nov)

Bagikan

Subscribe to Our Channel