Follow kami di google berita

Disbudpar Klaim Kunjungan Wisatawan Terbanyak Yakni ke Pulau Derawan

A-News.id, Tanjung Redeb — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau klaim wisatawan kali ini meningkat dan Pulau Derawan menjadi dominasi utama kunjungan terbanyak.

Dari tahun-tahun sebelumnya terhitung sejak 2021-2022 meningkat dari 150 ribu jiwa ke 275 ribu jiwa ke Bumi Batiwakkal. Sedangkan untuk tahun ini diperkirakan meningkat lebih dari angka tersebut.

Kepala Disbudpar Berau, Ilyas Natsir memperkirakan kenaikan kunjungan wisatawan ini meningkat dikarenakan penambahan jumlah maskapai hingga jalan nasional yang semakin membaik.

“Kenaikan wisatawan diperkirakan meningkat dari tahun sebelumnya, dan wisatawan kebanyakan memilih Pulau Derawan sebagai tujuannya,” ujar Ilyas.

Dilihat dari kendaraan yang parkir di dermaga Tanjung Batu kian membludak hingga ke jalanan pemukiman warga. Disisi lain terpantau di Pulau Derawan seluruh penginapan penuh sehingga sebagian pengunjung menyewa rumah warga.

Menurut Ilyas para pengunjung memilih Pulau Derawan menjadi destinasi wisata utamanya kemungkinan karena budget yang terjangkau juga fasilitas yang cukup lengkap khususnya masalah perbankan hingga jaringan telekominikasi yang memadai.

“Selain budget murah juga fasilitas yang cukup memadai, selain itu mereka juga bisa berkeliling ke pulau lainnya walau menginapnya di Pulau Derawan,” tuturnya.

Ilyas menghimbau dengan meningkatnya pengunjung tentunya harus tetap memperhatikan kebersihan dan kenyaman.

“Tentu kita tetap berkordinasi dengan beberapa pihak pengelola maupun Pokdarwis agar tetap memperhatikan kebersihan dan kenyamanan pengunjung,”tandasnya.(yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel