Follow kami di google berita

Dinkes Siap Tambah Kuota BPJS Untuk Masyarakat Kurang Mampu

A-News.id, Tanjung Redeb — Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau siap menambah kuota fasilitas kesehatan bagi masyarakat kurang mampu. Fasilitas kesehatan gratis ini juga merupakan salah satu dari 18 program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Berau yang harus direalisasikan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Berau, Totoh. Menurutnya selama ini masyarakat yang kurang mampu telah diakomodir fasilitas kesehatannya, terdapat 13.240 jiwa masyarakat Kabupaten Berau yang mendapat jaminan kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan secara gratis.

“Jadi masyarakat yang kurang mampu, melapor dahulu ke Dinas Sosial Berau untuk mendapatkan surat rekomendasi. Setelah itu bisa diajukan ke Dinas Kesehatan untuk tindak lanjutnya,” jelas Totoh saat dihubungi, Jumat (29/7/2022).

Setelah itu, Dinas Kesehatan akan mengajukan ke BPKAD untuk penambahan anggaran fasilitas kesehatan gratis untuk masyarakat kurang mampu.

“Begitu prosedurnya, kalau untuk sekarang memang terbatas bagi masyarakat yang sudah terdaftar, akan tetapi itu bisa ditambah, dengan cara mengajukan ke Dinas Sosial Berau, dan akan diberikan rekomendasi,” jelasnya.

Dirinya yang juga pernah menjabat sebagai kepala Dinas Sosial menjelaskan bahwa biasanya para petugas dilapangan akan survei dalam setahun bisa sampai tiga kali, sehingga masyarakat yang belum tersaring dapat melaporkan diri ke Kantor Dinas Sosial.

“Jadi Dinsos itu biasanya 1 tahun ada 3 kali survei ke lapangan untuk memvalidasi data masyarakat kurang mampu, jadi masyarakat juga bisa melapor sendiri,” tandasnya.

“Kami siap bantu, akan tetapi harus melalui beberapa prosedur yaitu dengan melaporkan ke Dinas Sosial dulu, karena itu kewenangan mereka,” tandasnya. (nov)

Bagikan

Subscribe to Our Channel