Follow kami di google berita

Dinkes Berau Kejar Akreditasi 4 Puskesmas

A-News.id, Tanjung Redeb – Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau mencatat bahwa dari 23 puskesmas yang ada di Kabupaten Berau, masih ada 4 puskesmas yang belum terakreditasi. Satu berada di Kecamatan Segah dan tiga berada di Kecamatan kelay.

Hal itu diungkapkan, Kepala Dinkes Berau, Totoh Hermanto mengatakan bahwa dari ke empat puskesmas yang belum terakreditasi ini, yang tiga memang terbilang puskesmas masih baru.

” Jadi yang tiga itu masih baru, yang berada di kecamatan Kelay,” Ujarnya.

Adapun empat puskesmas yang belum terakreditasi yaitu puskesmas Long Boy, Long Alay, Merapun dan puskesmas Segah, tiga puskesmas yang berada di kecamatan Kelay terbilang masih baru.

Namun, dari ke empat puskesmas yang belum terakreditasi, Kabupaten Berau sendiri memiliki 19 puskesmas yang sudah terakreditasi madya dan utama.

“Kita memiliki empat puskesmas yang sudah terakreditasi tingkat utama dan ada 17 yang terakreditasi tingkat madya,” tambahnya.

Untuk ke empat puskesmas yang belum terakreditasi,  pihaknya akan mengejar di tahun ini agar ke empatnya bisa segera terakreditasi.

“Untuk puskesmas yang berada di Kecamatan Segah sendiri tahun ini kita usahakan langsung terakreditasi tingkat utama dan yang tiga kita ajukan tingkat madya,” tambahnya.

Adapun penilaian akreditasi sendiri itu bahwa dari dinas kesehatan pusat, biasanya itu ada pim yang turun langsung untuk mengecek kelayakan puskesmas itu.

” syaratnya itu salah satu Sumber Daya Manusia (SDM) kemudian peralatan medis yang ada di puskesmas tersebut untuk di pastikan layak apa tidak dari tim penilai,” tambahnya.

Oleh karena itu, Totoh menambahkan bahwa akan segera melengkapi kekurangan itu semua agar kedepannya semua puskesmas yang ada di Berau bisa terakreditasi.

” Kita lengkapi tahun ini agar bisa terakreditasi semua,” tutupnya. (Adv/Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel