DIDUGA PELAKU MONEY POLITIC DIPERGOKI WARGA DAN BAWASLU DI BEBERAPA LOKASI DI TANJUNG REDEB

ANEWS, Berau – Kembali peristiwa dugaan money politic terungkap di beberapa lokasi di Tanjung Redeb, pada Rabu, 2 Desember 2020, yang ditandai dengan dipergokinya beberapa oknum oleh warga di beberapa lokasi di sekitar Tanjung Redeb, sebagaimana informasi dari sumber Anews, Rabu, 2/12.

Menurut Tamjidillah Noor, SH, anggota Bawaslu Berau, pihaknya sedang melakukan pengumpulan data adanya dugaan oknum yang bagi-bagi sejumlah uang di beberapa titik.  Bawaslu bersama kepolisian dan kejaksaan yang merupakan aparat yang tergabung di dalam Gakumdu Pilkada bersama-sama memantau ke lokasi sesuai dengan informasi yang diterima dan menemukan beberapa barang bukti.

“Nah, barang bukti saat ini sedang dilakukan pendalaman kepada pihak-pihak yang berada di lokasi.  Jika nanti tidak ditemukan bukti pelanggarannya, seluruh barang bukti akan dikembalikan kepada pemiliknya,“ ujar Tamjidillah.

Ditambahkan dia bahwa saat ini belum dilakukan klarifikasi.

“Ini barang bukti dulu yang kita amankan,” tambahnya.

Bawaslu menduga saat ini ada 3 titik di sekitar Pulau Semama, 1 titik di daerah Albina dan ada beberapa titik di daerah Pulau Panjang, diantaranya baru 3 titik yang dimankan, namun belum bisa dipastikan dari mana sumbernya.

“Kami Bawaslu tidak berani berstatemen’” pungkasnya.

Sementara itu, Bambang Irawan, LO salah satu paslon menyampaikan bahwa pihaknya belum tahu darimana dan siapa mereka, itu tim kita atau bukan?

“Kalau dia orang kita, kita akan dampingi. Jadi mereka ini diambil dari beberapa tempat, kata mereka, mereka sedang ada pelatihan relawan tata cara mencoblos. Ketika pelatihan sedang berlangsung ada Bawaslu, juga katanya sih ada premannya juga dan Bawaslu langsung membubarkan dan diambil hp dan barang yang ada disitu. Makanya nanti kita akan gali informasi tersebut, kalau ada Bawaslu melakukan kita akan melanjutkan langkah hukum. Hasilnya tadi Bawaslu kita tunda dulu, jangan ada klarifikasi dulu, kami koordinasi dengan tim nanti setelah kita tahu orang kita atau bukan, kita kabari Bawaslu,” kata Bambang.

Kapolres Berau saat dimintai keterangan oleh awak media menyampaikan bahwa tadi ada dugaan laporan money politic, tim dari Bawaslu akan melakukan pemeriksaan.

“Kalau itu terbukti tentunya kita akan naikkan,” tegas Kapolres.(jul)

Bagikan