Follow kami di google berita

Dianggap Tak Bepartisipasi, Dispora Berau Beri Penjelasan

A-News.id, Tanjung Redeb — Menanggapi pemberitaan tentang atlet Taekwondo Berau, Wira Sakti Pratama, yang mengikuti kejuaraan International Open Taekwondo di Kota Kunming, China tanpa dukungan pemerintah daerah, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Berau memberikan penjelasan.

Kepala Dispora Berau, Amirudin, menjelaskan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan pihak pengurus cabor dan pengcab mengakui bahwa belum mengirim proposal mengenai kegiatan ini.

“Proposalnya bantuannya belum ada, lagi pula itukan internasional, itukan sudah wewenang pusat. Kita pun mau bantu mungkin transport, dia hanya bisa sampai kejurnas, kalau keluar negeri tidak ada,” tuturnya.

Pemerintah Daerah (Pemda) Berau melalui Dispora juga siap berpartisipasi atas laga yang mengharumkan nama Indonesia tersebut. Ia meminta agar saat menuju tanding dapat melengkapi berkas permohonan atau proposal untuk diverifikasi.

“Jadi 2 minggu kah sebelum tanding bisa kita lihat dulu, apakah bisa dibantu apakah transport sampai Jakarta kan. Biar kita bisa ikut berpartisipasi. Kalau misal kita berangkatkan sampai luar negeri, di mata anggaran gak ada,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pengcab Taekwondo Berau, Hermanto, mengakui bahwa pihaknya sempat mengalami kendala terkait Surat Keputusan (SK) kepengurusan yang sudah tak aktif saat melakukan pengajuan permohonan bantuan.

”Itu saat kita ajukan kejuaraan di Malaysia. Kebetulan SK kita nonaktif kita juga mau Muscab, karena itu salah satu syaratnya untuk mengajukan permohonan bantuan,” ungkapnya

“Itupun yang hanya bisa dibantu oleh Dispora hanya kejuaraan yang berada di dalam negeri aja,” lanjutnya.

Dengan adanya informasi tersebut, pihaknya akan mengajukan kembali bantuan untuk bertanding di kejuaraan Kemenpora yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini di Jakarta.

”Kita disuruh ajukan, dan kita juga disuruh cepat melaksanakan Muscab. Kalau kita siap saja, tapi kita masih menunggu dari pengurus provinsi,” bebernya.

Namun, Hermanto berharap agar pemerintah tetap memperhatikan atlet-atlet di Berau agar mereka tidak berpaling untuk membela daerah lain.

“Karena kita banyak tawaran juga, Kaltara terbuka, Jawa Barat terbuka karena tadi ada menelpon,” pungkasnya.

Diketahui, Wira Sakti Pratama mengharumkan nama bangsa Indonesia di kanca Dunia, ia merupakan putra dari seorang Babinsa Koramil 10/Batu Putih Kodim 0902/Berau Serma Esra Pakiding, mengikuti kejuaraan International Open Taekwondo yang diadakan di Kunming China, Senin (06/05/2024) dilansir dari akun media sosial instagram Kodim Berau, @kodim0902.

Kejuaran tersebut dilaksanakan pada tanggal 2 s.d 5 Mei 2024 dan di ikuti oleh 11 Negara Asia antara lain China, Malaysia, Thailand, Korea, Indonesia, Brunei, Nepal, Myanmar, India, Singapore dan Vietnam.

Wira Sakti Pratama merupakan atlet taekwondo dari Kabupaten Berau yang di latih oleh Sabeum Noviana Pongsitandi, dimana pada kesempatan tersebut club dari negara tertentu saja yang diundang untuk mengikuti kejuaraan Taekwondo dan salah satunya club dari Kab. Berau.

Dimana sebelumnya ananda Wira Sakti Pratama meraih Juara I dalam ajang Kejuaraan Taekwondo di Malaysia beberapa bulan yang lalu, sehingga club ananda Wira mendapatkan undangan untuk mengikuti ajang tersebut. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel