Follow kami di google berita

Dermaga Wisata ke Pulau Bakal Dialihkan Sementara

A-News id, Tanjung Redeb – Selain memecah penyeberangan alternatif di beberapa lokasi, Pemkab Berau juga akan mengalihkan armada wisata yang ada di Dermaga Sanggam. Rencananya, penyeberangan menuju Pulau Derawan dan Maratua akan dialihkan ke Dermaga di Jalan Pulau Derawan, Tanjung Redeb.

Menurut Wakil Bupati Berau, Gamalis, sejak jembatan Sambaliung ditutup, aktivitas di Dermaga Sanggam menjadi padat. Kondisi itu dikeluhkan para penyedia armada wisata yang memang selama ini sandar di Dermaga Sanggam.

“Penyeberangan tujuan ke pulau ini akan kita alihkan. Karena ada keluhan dari motoris speedboat, mereka kesulitan bongkar muat penumpang dan barang. Karena Dermaga Sanggam saat ini digunakan untuk penyeberangan alternatif,” jelas Gamalis, Minggu (11/6/2023).

Untuk menghindari insiden karena speedboat menumpuk, para motoris tujuan Pulau Maratua dan Derawan meminta dipindahkan sementara. Hal ini juga bertujuan memberikan kenyamanan bagi penumpang maupun wisatawan.

“Tapi kita masih melihat dermaga yang akan digunakan. Masih akan dikaji dengan tim teknis. Kalau dermaganya memungkinkan, mereka dipindah. Itu mereka sudah sepakat, tinggal menunggu keputusan,” jelasnya

Pemindahan itu dipastikan hanya bersifat sementara. Hanya selama perbaikan Jembatan Sambaliung.

“Biar tidak menumpuk penumpang di jam sibuk. Kasian juga wisatawan kalau berdesakan dengan orang yang mau menyeberang ke Sambaliung,” tuturnya.

Selain itu, Wabup juga berharap penyeberangan berbayar yang disediakan masyarakat juga dipecah.

“Kita coba cari dermaga yang layak. Jadi tidak terfokus di Dermaga Sanggam. Saya minta Dinas Perhubungan dishub mencari dermaga yang betul-betul representatif,” imbuhnya. (to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel