Follow kami di google berita

Dengan Cara Tingkatkan Kualitas Pangan, Seno Aji Harap Petani Lokal Bisa Makin Maju

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji. (Dok DPRD Kaltim)
Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji. (Dok DPRD Kaltim)

Anews.id, Samarinda – Seno Aji, selaku Wakil Ketua DPRD Kaltim memiliki harapan kepada petani lokal yang berada di Kaltim agar dapat semakin maju. Contohnya dengan cara peningkatan kualitas pangan seperti beras.

Ia memberikan keterangan bahwa ada keinginan dari DPRD Kaltim agar petani lokal pun dapat semakin maju dan berkembang. Sehingga dapat memiliki daya saing dengan daerah-daerah penghasil produk pertanian di luar Kaltim. Hal tersebut pun merupakan salah satu upaya agar tidak ketergantungan akan impor beras secara terus-menerus.

“Kita tidak bisa terus bergantung dengan daerah lain seperti Sulawesi, Jawa, atau daerah lainnya dan harus memanfaatkan potensi lahan Kaltim yang luas dan subur,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam upaya peningkatan kualitas pangan secara optimal, maka Kaltim menggandeng Kementerian Pertanian (Kementan). Kementan telah menyalurkan bantuan berupa bibit tanaman yang cocok dengan kondisi tanah di Kaltim, yaitu dengan tingkat keasaman di bawah pH 6.

“Kita juga harus memberi perlakuan yang tepat ke tanah di daerah. Ini supaya hasilnya maksimal. Sawahnya harus baik dan areanya diperbesar. Ini untuk mencapai swasembada pangan di Kaltim,” lanjut Seno.

Apresiasi pun diberikan oleh Seno terhadap kolaborasi dengan Kementan tersebut yang didukung pula oleh Budisatrio Djiwandono, selaku Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dapil Kaltim. Data mencatat terdapat 1.000 petani yang akan menerima bantuan itu.

“Kita sangat bersyukur Pak Budi yang membidangi pertanian di DPR RI karena peduli dengan petani Kaltim dan memberikan aspirasinya untuk membantu petani kita. Ini adalah simbiosis mutualisme yang bagus,” pungkasnya. (adv

Bagikan

Subscribe to Our Channel