Follow kami di google berita

DALAM SATU DUA HARI INI GURU HONORER AKAN TERIMA GAJI YANG TERLAMBAT SEJAK 3 BULAN

Ilustrasi

ANEWS, Berau – Masalah keterlambatan gaji para guru Honorer yang ditengarai belum menerima gaji dalam 3 bulan terakhir ini telah menimbulkan ‘kesulitan’ bagi guru honorer dan keluarganya, karena harus membiayai kebutuhan hidup mereka.

Menindaklanjuti permasalahan keterlambatan gaji honorer, yang sempat mencuat di grup Media Sosial yang seolah menyebut diknas memperlambat proses pembayaran gaji tersebut, ANews coba menelusuri dengan menghubungi Suprapto, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Berau, Jum’at, 19/3/2021 melalui telepon.

Suprapto mengatakan informasi dari staf keuangan, postingan honor sudah di antar ke bank, mudah-mudahan hari ini selesai banknya posting.

Suprapto, Sekretaris Diknas Kabupaten Berau

Lebih lanjut Suprapto meanmbahkan kalau tidak ada halangan hari ini tadi, SPM (Surat Perintah Membayar-red) sudah diproses BKAD dan tidak lama akan diproses oleh bank, untuk ditransfer ke masing-masing penerima.

Ketika ANews menanyakan perihal kendala yang menyebabkan keterlambatan pembayaraan gaji guru honor itu, Suprapto menjelaskan bahwa semua OPD atau dinas-dinas juga mengalami hal yang sama, dimana masalah itu muncul menyusul adanya pergantian sistem dari Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) menjadi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang diberlakukan di seluruh daerah di Indonesia, termasuk Kabupaten Berau sejak 1 januari 2021 oleh Pemerintah Pusat.

Ditengarai masalah yang muncul terkait aplikasi di perangkat pemerintah daerah dalam tahap proses sinkronisasi dan integrasi perencanaan dan keuangan dari sistem yang lama ke sistem baru, SPID, Sistem Informasi Pemerintah Daerah Kabupaten Berau.

“Insya Allah SPM sudah diantar, dan kelihatannya SPID untuk ini belum bisa dijalankan, sehingga kebijakannya daerah sementara kembali ke SIMDA,” kata Suprapto.

Diharapkan kedepan pergantian sistem informasi di pemerintah daerah dari SIMDA ke SIPD dapat segera dilakukan dengan lancar dan baik sehingga tidak lagi berdampak kepada tahap pembayaran gaji honor di lingkungan pemkab Berau. (jul)

Bagikan

Subscribe to Our Channel