Follow kami di google berita

Brimob Polda Kaltim Akan Musnahkan Temuan Granat Nanas Bekas PD II Dengan Radius Ledakan 12 Meter

Jinbom Detasemen Gegana Brimob Polda Kaltim saat mengevakuasi granat nanas aktif bekas perang dunia II/Ist)
Jinbom Detasemen Gegana Brimob Polda Kaltim saat mengevakuasi granat nanas aktif bekas perang dunia II/Ist)

A-news.id, Samarinda – Unit  Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Brimob Polda Kaltim akan memusnahkan granat nanas aktif yang ditemukan di perkebunan kawasan Bantuas, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda. Kamis (1/2/2024) kemaren.

Kepada awak media, Kanit Subden Komposit Gegana Satuan Brimob Polda Kaltim AKP Ronlo Ginting mengungkapkan bahwa granat yang ditemukan tersebut merupakan bom militer bekas Perang Dunia (PD) II.

“Statusnya itu masih aktif dengan spesifikasi panjang 9 centimeter dan lebar 7 centimeter, dan radius ledakan mencapai 12 meter, dan itu akan segera kami musnahkan,” Ungkapnya. Selasa (6/1/2024).

Diketahui sebelumnya, granat nanas tersebut pertama kali ditemukan oleh Samlan (42) yang saat itu sedang menyiangi di kebunnya. Dirinya pun sempat mengira bahwa bom itu hanyalah serpihan besi alat berat.

Namun lantaran ragu, pihaknya langsung melaporkan temuan tersebut kepada pihak kepolisian.

Dari hasil pemeriksaan itu, Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat langsung berkoordinasi dengan Gegana Batalyon B Samarinda untuk mengevakuasi granat nanas tersebut.

“Area disini dikatakan warga memang bekas markas persembunyian dan perkebunan negara Jepang saat perang dunia II masih bergulir,” Tandasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel