Berkurangnya Pembeli di Masa Pandemi Covid-19, Harga Hewan Qurban Tahun ini Turun 

Penjual hewan qurban di Jalan H. Isa II

ANEWS, Berau – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 H yang jatuh pada 20 Juli 2021  ini, pembeli hewan qurban dibanding tahun lalu, agak berkurang, meskipun jumlah hewan yang terjual kurang lebih sama, namun harga jual hewan qurban tahun ini turun, baik hewan sapi maupun kambing, seperti yang disampaikan Sutomo, Sabtu, 17/7/2021, salah seorang pedagang sapi asal Pacitan, yang menempatkan sapi-sapi dan kambingnya di Jalan H. Isa II, Tanjung Redeb.

Sutomo mengatakan jumlah penjualan hewan qurban tahun ini, seperti sapi maupun kambing kurang lebih sama, tetapi harganya yang  turun dibanding tahun lalu.

Sutomo

Dia memperkirakan menurunnya pembeli hewan qurbqn  akan hewan qurban tahun ini, akibat kondisi di masa pandemi covid-19.

Ditambahkan Sutomo, tahun lalu harga jual per ekor sapi maupun kambing qurban agak tinggi, sapi misalnya sampai Rp 30 juta per ekor, tetapi sekarang ini harganya berkisar dari Rp. 15 sampai Rp. 25 juta saja.

“Jumlah hewan yang terjual dibanding tahun lalu kurang lebih, cuma harga menurun, sekarang sapi itu ada yang Rp 15 juta, ada yang 16 sampai 20, 25 lah. Tahun lalu itu ada yang Rp. 30 juta. Kambing juga turun harganya,” ujar Sutomo.

Penjual hewan qurban di Jalan HARM Ayoeb

Sementara penjual hewan lainnya, Lufti Abdilah yang menempatkan hewan sapi untuk qurban tahun ini di Jalan HARM Ayoeb menyebut kalau harga jual sapi dibanding tahun lalu kurang lebih sama, namun jumlah sapi yang terjual tahun ini berkurang dibanding tahun lalu.

Dia menyebut kemungkinan karena banyaknya pedagang hewan qurban yang baru.

Lufti Abdilah

Lutfi, pedagang sapi asal Samarinda ini mengatakan rata-rata sapi yang besar-besar Rp 20 jutaan ke atas per ekor, dan yang agak kecil Rp 15 – Rp. 16 juta.

Sejauh ini lanjut Lutfi hewan sapi yang sudah terjual lebih dari 10 ekor. (gil)

 

Bagikan