Follow kami di google berita

Berharap Abrasi Pulau Derawan Mendapat Penanganan Serius

A-News.id, Tanjung Redeb – Penanganan abrasi pantai di Pulau Derawan, Kabupaten Berau, perlu perhatian serius. Sebab abrasi pantai di salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Berau, itu kian memperihatinkan.

Wakil Ketua II DPRD Berau, Ahmad Rifai, mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendorong Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan V di Tarakan, sebagai pihak yang mempunyai kewenangan. Mulai dari perencanaannya, penanganannya, hingga penganggarannya.

“Kami selalu berkoordinasi dengan BWS Kalimantan V di Tarakan, untuk bisa memperhatikan abrasi agar tidak meluas,” ujarnya.

Diakui Rifai, bantuan dari provinsi berupa keuangan untuk penanganan abrasi di Kepulauan Derawan sudah turun. Nantinya salah satu penanganan yang akan dilakukan yaitu membuat pemecah gelombang di bibir pantai.

“InsyaAllah, untuk di Pulau Derawan tahun ini sudah turun. Seperti di Bidukbiduk, banyak pemecah gelombang, itu semuanya juga berasal dari provinsi,” lanjutnya.

Dikatakannya, salah satu kendala penanganan Pemkab Berau tidak memiliki kewenangan penganggaran. Untuk itu, tak jarang pihaknya secara intens berkomunikasi ke pihak terkait yang mempunyai kewenangan. Guna menanyakan hal abrasi di Pulau Derawan dan Pulau Sambit.

“Jadi kami hanya bisa memohon saja, bagaimana BWS bisa memperhatikan abrasi-abrasi yang terjadi di Berau. Seperti Sungai Segah dan di wilayah kepulauan kita,” ungkapnya. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel