Awasi Kebersihan Tempat Wisata, Wakil Ketua I DPRD Berau Dorong Adanya UPTD DLHK

ANEWS, Berau – Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Sya’diah, Rabu, 14/4/2021 menyampaikan kepada seluruh masyarakat di sekitar lokasi wisata dan wisatawan yang datang ke Berau supaya mengedepankan masalah kebersihan lingkungan dan tata krama saat berada di lokasi wisata.

Menurut politisi Golkar yang akrab disapa bu Sari, hal ini untuk menjaga kelestarian lingkungan dan budaya setempat yang ada di destinasi wisata agar tetap terpelihara dan terjaga dengan baik dan tidak menimbulkan hal-hal bertentangan dengan aturan setempat (kearifan lokal setempat).

“Saya ada mendapat beberapa laporan, misalnya tentang pengunjung atau wisatawan yang masih kurang sadar tentang kebersihan lingkungan. Mereka masih meninggalkan sampah ketika berkunjung ke lokasi wisata. Nah ini kan sudah tidak sesuai dengan yang kita harapkan, apalagi wisata kita dominan di kepulauan yang bersentuhan langsung dengan laut,” ujarnya.

Berkaitan dengan itu, Sarifatul mendukung adanya UPTD Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan di lokasi destinasi-destinasi wisata seperti di Kepulauan Derawan, Maratua dan Biduk-Biduk.

“Untuk mengatasi hal itu, menurut saya di tempat-tempat wisata alam yang padat dikunjungi wisatawan, sangat mendukung adanya UPTD DLHK, sehingga kebersihan benar-benar fokus dikerjakan tim teknis yang bukan hanya mengurus kebersihan, tapi ada juga yang menjaga kelestarian biota, sehingga kalau ada wisatawan yang tidak mengindahkan aturan bisa diingatkan dan ditegur,” ujarnya.
Dia berharap agar masyarakat dan wisatawan yang akan berkunjung ke destinasi-destinasi wisata di Kabupaten Berau memahami kebersihan lingkungan dan kearifan lokal yang ada ditempat itu, supaya tetap terjaga.

“Harus diingat bahwa berwisata itu juga ada aturannya. Jadi jangan sampai menjadi wisatawan yang tidak tahu aturan. Karena semua demi kelestarian alam kita yang sudah banyak memberi manfaat bagi kita semua,” pungkasnya, (tim/anews)

Bagikan