Follow kami di google berita

TAHUN INI BERAU AKAN ANGKAT 1000 TENAGA PPPK DARI KALANGAN PTT

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Berau, Muhammad Said, SH

ANews, Berau – Daerah sampai saat ini belum menerima terkait formasi CPNS dan PPPK Tahun 2021, yang dikeluarkan Kementerian Pan RB, dan masih menunggu secara resmi dari kementerian, sebagaimana yang disampaikan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Berau, Muhammad Said, SH, Rabu, 14/4/2021.

Menurut Said, pihaknya masih menunggu formasi CPNS dan PPPK, termasuk tahapan pelaksanaannya, yang dikabarkan akan dikirimkan ke daerah pada April 2021.

“Kalau sudah keluar formasi, biasanya bersamaan dengan tahapannya, karena sampai sekarang formasi itu belum disampaikan secara resmi ke kabupaten/kota, makanya kami masih menunggu,” ujar Said.

Namun PPPK, menurut informasi dari pemerintah pusat tahun 2021 ini akan ada pengangkatan sekitar 1 juta orang tenaga PPPK yang akan teralokasi ke seluruh daerah, dimana menurut informasi saat zooming dengan Menpan RB, Kabupaten Berau mendapat jatah 1000 orang

Said, lebih lanjut mengatakan, khusus tenaga PPPK itu merupakan jabatan fungsional, seperti guru, tenaga penyuluhan dan lainnya, dan menurut Dia, Berau diberi kuota tahun 2021 ini sebanyak 1.000 tenaga PPPK, yang kemungkinan besar akan diisi tenaga pendidik atau guru, yang masih berstatus PTT, dengan syarat harus sarjana pendidikan dan atau harus memiliki sertifikat pendidik bagi sarjana non pendidikan.

Data yang digunakan untuk pengusulan oleh BKPP Berau, adalah Dapodik, sehingga mudah untuk mensinkronkan antara informasi dengan data guru.

“Dan memang Insya Allah, yang akan ikut itu, memang hanya untuk PTT aja, kita belum membuka peluang untuk umum. Kalau umum mungkin bisa lewat CPNS, rasanya tahun ini bersamaan CPNS dan PPPK,” imbuhnya.

Jadi seleksi pengangkatan PPPK tahun 2021 ini hanya akan diikuti oleh tenaga-tenaga PTT, yang ditengarai diprioritaskan kepada tenaga pendidik atau guru. Sementara bagi peminat umum, bisa mengikuti lewat jalur CPNS, yang pelaksanaannya bersamaan dengan PPPK. (jul)

Bagikan

Subscribe to Our Channel