Awal Juni Pemkab Berau Akan Laksanakan Uji Kompetensi Semua Kepala Dinas dan Kepala Badan

ANEWS, Berau – Pemerintah Kabupaten Berau awal Juni 2021, melalui panita seleksi yang ditunjuk Bupati, yang diketuai Sekda bersama BKPP Berau, akan melaksanakan uji kompetensi bagi seluruh unsur kepala dinas, dan kepala badan yang ada di semua OPD Pemerintah Kabupaten Berau, sebagai syarat sebelum dilakukan rotasi jabatan di lingkup Pemerintah Kabupaten Berau tahun 2021 ini.

Hal ini disampaikan Kepala BKPP Kabupaten Berau, Muhammad Said, SH, MH, Selasa, 25/5/2021.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Berau, Muhammad Said, SH

Uji kompetensi itu, lanjut Muhammad Said, berupa wawancara secara langsung dan hasilnya nanti akan disampaikan ke Bupati, sebagai masukan dalam mengambil kebijakan selanjutnya.

Said menambahkan, terkait efektifitas dan efisiensi, bagi mereka yang masa kerjanya akan berakhir (pensiun) kurang dari 1 tahun tidak diikutkan dalam seleksi itu, karena diharapkan mereka fokus untuk menyelesaikan sisa masa jabatannya.

Sedangkan untuk jabatan kabid dan lainnya, masih menunggu kebijakan pemerintah terkait rencana pengalihan jabatan fungsional yang akan dilaksanakan pada tahun 2021.

“Jadi memang untuk tahap awal ini kita rencana uji kompetensi berupa wawancara khusus untuk kepala dinas dan kepala badan,” imbuhnya.

Menurut Said, panselnya adalah BKPP bersama Sekda dan sekretariatnya juga di BKPP Berau.

Uji kompetensi para kepala dinas dan kepala badan seluruh OPD se-Kabupaten Berau ini merupakan rangkaian seleksi yang dilakukan panita seleksi guna mendapatkan gambaran dan profil pejabat yang akan mengisi sejumlah jabatan yang kosong maupun jabatan yang akan dirotasi kepada mereka  yang memenuhi syarat dan kualifikasi, yang sepenuhnya nanti diserahkan kepada Bupati selaku kepala daerah untuk mengambil keputusan memilihnya. (jul)

Bagikan