Follow kami di google berita

Antisipasi Abrasi dan Wujudkan Maratua Jadi Destinasi Wisata Unggulan, Kecamatan Maratua Kolaborasi dengan Polsek dan Muspika Tanam Ratusan Pohon

A-News.id, Tanjung Redeb – Kecamatan Maratua bersama Polsek Maratua melakukan upaya pencegahan abrasi dengan melakukan penanaman pohon mangga dan pohon kelapa di bibir pantai yang ada di Kampung Teluk Harapan.

Sekretaris Camat Maratua, Ashari mengatakan bahwa, ini adalah satu satu program perubahan untuk mewujudkan Maratua bersih dan menjadi destinasi wisata unggulan.

Dikatakannya, penanaman pohon ini juga dilakukan untuk membentuk sebuah kawasan hijau di Pulau Maratua.

“Itu salah satu konsep yang akan dilakukan,” ujarnya.

Dirinya pun menyebut, selain untuk kawasan hijau, penanaman pohon itu juga difungsikan untuk antisipasi awal pencegahan abrasi. Dimana, pada saat-saat tertentu, potensi abrasi cukup besar.

“Ya salah satu tujuannya, memang untuk mencegah terjadinya abrasi,” tuturnya.

Selain itu juga, program ini dilaksanakan untuk mendukung amanat tagline yang telah dibuat oleh Bupati Berau. Dimana, tagline tersebut adalah mewujudkan Pulau Maratua menjadi yang Terbersih, Terindah dan Terkenal.

“Itu yang coba kami wujudkan, bagaimana nantinya Maratua ini bisa menjadi destinasi wisata unggulan. Terlebih, tidak lama lagi, IKN berdiri di Kalimantan Timur,” terangnya.

Untuk bibit pohon yang ditanam pada tahap awal kali ini 130 bibit pohon kelapa dan 80 bibit pohom mangga.

“Itu baru tahap awal. Nanti kedepan, tentunya ini akan dilaksanakan di seluruh kampung di Pulau Maratua,” ungkapnya.

Dijelaskannya, untuk penanaman pohon tersebut, bukanlah sebuah program peremajaan. Sehingga, tidak merusak pohon yang sudah ada.

“Jadi pohon-pohonnya di tambah, tidak dikurangi,” tandasnya. (Adv/Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel