Follow kami di google berita

Anggota DPRD : Selain Disosialisasikan, Saya pun Tanam Porang Sendiri

A-News.id, Berau – Anggota Komisi 2 DPRD Kabupaten Berau Falentinus Keo, berharap tanaman porang menjadi komoditas para petani di Berau.

Menurutnya tanaman porang selain memiliki nilai dari segi ekonomis, porang juga mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, serat pangan, maupun kalsium oksalat dan alkaloid.

“Selepas dari kunjungan di daerah jawa, kita coba sosialisasikan kepada para petani, jangankan itu, saya pun menanam porang, sekitar 20 Kilogram bibitnya dari jawa yang saya tanam,” ujar Falen.

Falen juga sangat mengapresiasi masyarakat yang mulai ikut menanam porang, sehingga kedepannya pemerintah akan bantu support khususnya kepada petani yang ada di Kabupaten Berau.

“Saya juga mendengar ada juga yang menyampaikan langsung kalau warga sudah mulai ikut menanam porang, jadi kita akan bantu support, sehingga masyrakat nanti ketika panen tidak bingung mau jual kemana,” tambahnya.

Selain itu, Falen juga mengharapkan salah satu tokoh masyarakat sekaligus pengusaha di Kabupaten Berau agar dapat membangun pabrik pengolahan porang di Kabupaten Berau.

“Ya kita berharap orang tua kita pak Haji Abidin ini tetap fokus membangun pabrik pengolahan porang di Kabupaten Berau. Itu sudah solusi yang sangat diharapkan para petani porang ini, sehingga mereka jelas habis panen jualnya ke pabrik,” harap Falen.

Untuk harga menurut Falen, saat dirinya mengunjungi Madiun, harganya masih dapat membantu meningkatkan ekonomi, contohnya salah satu desa yang di Kabupaten Madiun yang dulunya dikategorikan desa termiskin namun sekarang menjadi desa paling makmur se Kabupaten Madiun.

“Karena satu desa mereka budidaya porang, jadi hal ini bisa dijadikan alternatif peluang untuk meningkatkan ekonomi warga khususnya para petani, untuk saat ini saya masih percobaan kira-kira karakter tanah di Berau ini cocok apa tidak, apalagi bibitnya dari jawa,” jelas Falen.

“Kurang lebih yang saya tanami seluas seperembat hektar, kalau memang saya liat ini cukup bagus ocok untuk dengan tanahnya tenti kita akan luaskan lagi,” tutupnya. (dit)

 

Bagikan

Subscribe to Our Channel