Follow kami di google berita

88 Ekor Sapi Diqurban di Pelabuhan Peti Kemas 

A-News.id, Tanjung Redeb – Momentum Idul Adha 1443 Hijriyah dimanfaatkan PT. Prima Mas bersama rekan kerja berbagai bersama buruh tenaga kerja bongkar muat (TKBM) yang mengadu nasib di kawasan pelabuhan, Minggu (10/7/2022).

Pemotongan puluhan hewan qurban tersebut dilaksanakan di lahan parkir peti kemas dengan melibatkan sejumlah pekerja. Yang terbagi tugas dalam menyembelih hewan qurban, memotong bagian-bagian daging, membungkus dan menghitung jumlah penerima daging.

Direktur Utama PT. Prima Mas Nugrahi Mawan yang memantau langsung proses pelaksanaan qurban menyebut, tahun ini pihaknya menyembelih sebanyak 88 ekor sapi. Angka tersebut, merupakan total keseluruhan dari penyaluran yang diserahkan oleh sejumlah rekan kerja. Diantaranya, Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim, Irwan bersama Pengurus DPC Partai Demokrat Berau turut menyumbang sebanyak 38 ekor sapi kurban.

Kata pria yang akrab disapa Ahong itu, pelaksanaan qurban di lingkungan kerja peti kemas adalah agenda tahunan setiap hari raya Idul Adha. Ia menceritakan, qurban oleh pihaknya sudah berlangsung sejak dua tahun lalu, namun dengan jumlah yang berbeda-beda.

“Insya Allah ini akan terus menjadi agenda rutin tahunan perusahaan. Tahun ini Alhamdulillah kita berhasil melipat gandakan hewan ternak yang disembelih dari tahun lalu yang hanya 24 ekor sapi,” katanya kepada awak media.

“Targetnya capaian ini Insya Allah akan kita lipat gandakan lagi tahun depan. Kalau kita diberi kemudahaan oleh Allah,” harap Ahong.

Daging-daging yang sudah dipotong-potong menjadi 1 kilogram per satu kantong kresek itu, tentu saja katanya, selain akan dibagikan ke para pekerja TKBM yang jumlahnya mencapai ribuan. Juga akan disalurkan ke warga dhuafa. Seperti halnya, yatim piatu, pedagang kaki lima dan lain sebagainya.

Bahkan tak hanya di sekitar 4 kecamatan terdekat saja. Pembagian akan meluas hingga ke daerag pesisir dan jika memungkinkan katanya, akan dibagi ke wilayah lain se Kabupaten Berau.

“Jadi kita bagi perwilayah. Untuk awal kita bagikan yang ada di depo kita, dari buruh hingga para karyawan. Kita bagi rata semua, total karyawan kami itu ada 50 orang, sementara buruh TKBM totalnya ada 1.000,” katanya.

“Tentunya, itu harus didukung pula dengan niat dan keikhlasan yang besar. Kami tetap tulus berusaha dan menjadi harapan saya untuk rutin berbagi kepada mereka yang membutuhkan uluran kami,” sambungnya.

Dalam kegiatan bakti sosial ini, Pemotongan dan pembagian daging kurban itu turut dihadiri pula oleh Ketua DPC Partai Demokrat Berau, Samsul Ma’aruf, dan Sekretaris Jenderal DPC Partai Demokrat Berau, Hardiansyah.

Sekjen DPC Partai Demokrat Berau, Hardiansyah mengatakan, kegiatan tersebut sangat positif dan merupakan bentuk kegiatan sosial dari perusahaan. Menurutnya, sangatlah jarang perusahaan dapat memberikan bantuan sosial dalam jumlah yang cukup besar dalam hal berqurban.

Dirinya menilai, hanya segelintir saja perusahaan di Bumi Batiwakkal yang mau berkontribusi banyak dengan mengeluarkan CSR kepada masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya karena ada salah satu perusahaan lokal khususnya, PT Prima Mas Berau yang mau menyumbang sapi qurban kepada masyarakat dengan niat positif dan jumlah yang fantastis,” ujarnya.

Salah satu perwakilan karyawan PT. Prima Mas, Kokoh Djumarko mengaku bahagia, bahwa perusahaan tempat ia bekerja tersebut kembali bisa berqurban di Idul Adha Tahun 2022, 1443 Hijriyah dan berhasil menambah jumlah hewan yang diqurban.

“Ini merupakan salah satu bentuk kebersamaan dan kekeluargaan yang ada di temas dan Insya Allah kita juga akan bagikan daging-daging ini kepada warga lain yang membutuhkan di luar daripada tenaga kerja di temas,” tutupnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel