Disnaker Upayakan Bantuan Sarana Usaha untuk Peserta Pelatihan TKM

A-News.id, Tanjung Redeb — Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi (Disnakertrans) Berau upayakan para peserta pelatihan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) mendapat sarana usaha. Hal ini bertujuan agar para peserta TKM dapat membuka usahanya setelah mengikuti pelatihan yang telah difasilitasi oleh Disnakertrans Berau.

“Artinya selain mendapatkan ilmu dari pelatihan yang telah dilakukan mereka juga akan dibantu dengan peralatan bengkel motor, servis ac, bantuan tata boga seperti oven kue dan sebagainya,” ujar Kadisnakertrans Berau, Masrani saat ditemui di kantornya, Selasa (18/12/2022).

Dikatakan Masrani, ada beberapa para peserta dari Berau yang diberangkatkan ke luar daerah untuk mengikuti pelatihan mekanik alat berat di UPTD Balai Latihan Kerja Industri Balikpapan.

“Itu sudah diminta perusahaan, jadi 3 yang terbaik akan kita berikan di perusahaan sesuai rankingnya,” jelasnya.

Selain itu, Masrani juga mengingatkan gelombang  serta persaingan para pencari kerja saat ini makin meningkat, tentunya skill para tenaga kerja lokal juga harus ditingkatkan agar dapat bersaing.

“Karena skill keterampilan itu penting, pindahnya Ibu Kota Negara ke Kaltim tentu membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Maka dari itu kita harus tingkatkan pelatihan dengan sertifikasi yang sesuai dengan dibutuhkan nanti,” bebernya.

“Selain persaingan nasional kita juga bakal bersaing pada tingkatan internasional, kan rata-rata kontraktor nya pasti tenaga asing atau jajaran direksinya,” tambahnya.

Terlepas menjadi tenaga kerja perusahaan, dirinya juga berharap agar masyarakat lokal dapat memiliki keterampilan mandiri agar dapat membuka usahanya sendiri.

“Sarana usahanya kita akan bantu baik itu dari APBD, APBN maupun CSR perusahaan,” tandasnya. (yf)

Bagikan