Follow kami di google berita

“SI ACIL” DIHARAPKAN DAPAT PERMUDAH PROSES ADMINDUK

ANews, Berau – Bupati Berau Sri Juniarsih tandatangani perjanjian kerja sama sekaligus launching Rumah Inovasi dan SI ACIL, di Pendopo Disdukcapil Kabupaten Berau, Selasa (20/04/2021).

Penandatanganan kerja sama tersebut melibatkan Pengadilan Agama Tanjung Redeb, Kementrian Agama Kabupaten Berau, Disdukcapil, Camat Kelay dan Segah, serta masyarakat pelaku usaha.

Acara tersebut juga dibarengi dengan launching Rumah Inovasi dan SI ACIL (SIAK Online Kecamatan Terpencil) yang dipersembahkan Disdukcapil Berau agar dapat mempermudah proses pelayanan Adminduk (Administrasi kependudukan).

SI ACIL sendiri merupakan program pengembangan dari SIAK OTW Kecamatan yang pada 2020 lalu telah diadakan di 4 kecamatan, yaitu Talisayan, Biatan, Maratua, dan Derawan. Sedangkan untuk SI ACIL dikembangkan lagi untuk melayani masyarakat Kecamatan Kelay dan Segah.

“2020 lalu kami (Disdukcapil, red) sudah melaunching SIAK OTW Kecamatan di empat kecamatan pada saat itu memang kami belum bisa ke Segah dan Kelay karena SIAK membutuhkan jaringan internet yang stabil,” ujar David Pamuji Kepala Disdukcapil Berau kala diwawancara awak media.

David Pamuji Kepala Disdukcapil Berau

Dirinya menambahkan dengan adanya pengembangan program ini dapat membuat kombinasi yang baik antara kecamatan maupun kampung-kampung dengan saling membackup karena jaringan di tiap kampung berbeda-beda.

“Di kecamatan melayani perekaman dan dokumen lainnya tapi tidak cetak secara undang-undang harus dilakukan di Kantor Disdukcapil, untuk sumber daya manusianya itu dua orang operator dari kecamatan yang telah dilakukan pendampingan,” imbuh David.

Di tempat yang sama Bupati Berau Sri Juniarsih mengatakan, SI ACIL diharapkan dapat dikembangkan lagi hingga ke wilayah pesisir agar dapat memudahkan masyarakat dalam mengurus Adminduk.

Sri Juniarsih Bupati Berau

“Tadi saya sempat terpikir beberapa kecamatan di pesisir yang belum mendapatkan pelayanan SI ACIL, saya rasa itu juga bisa menjadi program dari Capil untuk memprioritaskan pelayanan tersebut di kecamatan pesisir untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

“Dengan adanya program SI ACIL ini bisa dimaksimalkan pemanfaatannya yang tentu saja akan sangat memberikan kemudahan keoada seluruh masyarakat dalam rangka untuk mengurus administrasi kependudukan,” tutup  Sri Juniarsih. (nov)

Bagikan

Subscribe to Our Channel