Follow kami di google berita

SERATUSAN CALON JEMAAH HAJI AKAN JADI TARGET VAKSINASI

Foto Istimewa

ANEWS, Berau – Kabupaten Berau kembali menerima jatah vaksin covid-19, yang disalurkan melalui pesawat udara. Penjemputan paket vaksin tersebut berlangsung di Bandara Kalimarau, Kecamatan Teluk Bayur, Sabtu (20/03/2021) pagi hari sekitar pukul 10:00 Wita.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Berau Garna Sudarsono memastikan, ada sebanyak 240 vial vaksin yang diterima dan cukup untuk menyuntik 2.400 orang. Dikatakannya, secara umum target sasaran masih sama yakni pelayan publik dan lansia yang belum sempat disuntik vaksin. Akan tetapi, dari seribuan sasaran itu, 151 lainnya akan disishkan bagi calon jemaah haji.

“Karena kemaren ada kekurangan 30 vial, yang seharusnya kita terima 250 tetapi hanya 220. Nah 30 itu untuk mencukupi kekurangan vaksinasi untuk pelayan publik dan lansia,” ucapnya.

“Kalau untuk calon jemaah haji itu sudah kita koordinasikan dengan Kemenag agar mereka bisa datang saat pelaksanaan vaksinasi nantinya, Insya Allah pada minggu depan ini sudah dilaksanakan,” sambung Garna Sudarsono.

Lanjut Garna, karena program vaskinasi harus dituntaskan sedangkan jatah dosis vaksin covid-19 yang diterima belum semuanya kebagian. Maka ia bersama dengan pemerintah kabupaten Berau tetap akan mengusulkan susulan-susulan jatah vaksin ke pemerintah provinsi Kalimantan Timur.

“Tetap selalu susulan terus ya karena masih jauh ini kurangnya, kalau dari total kesleuruhan yang sudah tervaksin di Berau sudah diatas 5.000,” katanya.

Terkait kelompok lansia untuk di empat Kecamatan (Gunung Tabur, Sambaliung, Tanjung Redeb dan Teluk Bayur) Garna mengaku, sejatinya sudah tersalurkan hanya saja belum semuanya tervaksinasi.

“Yang jelas sudah kita laksanakan untuk lansia kemaren sekitar seribu orang, itu baru tahap satu kalau tahap duanya belum karena 28 hari kemudian baru mereka bisa divaksin lagi,” tandasnya.

Untuk sementara vaksin yang sudah dipindah ke Unit Farmasi di Jalan Pulau Panjang, Kecamatan Tanjung Redeb akan disimpan terlebih dahulu. Sampai jadwal pelaksanaan sudah ditentukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Berau.(mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel