Follow kami di google berita

Rute Penerbangan Kalimarau-Maratua Segera Terealisasi

A-News.id, Tanjung Redeb — Dalam upaya menangani inflasi di Kabupaten Berau, Kejaksaan Negeri (Kejari) Berau turut ambil bagian dengan melaksanakan serangkaian langkah-langkah. Salah satu strategi yang dijalankan adalah membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk mengundang maskapai penerbangan dengan harapan dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi serta meredakan dampak inflasi di Bumi Batiwakkal.

Kepala Kejari Berau, Hari Wibowo merespons pernyataan Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas yang beberapa waktu lalu menyampaikan rencana pendaratan maskapai Citilink di Bandara Maratua membutuhkan waktu. Hari mengungkapkan bahwa untuk mewujudkan rencana ini, dirinya telah melakukan koordinasi dengan pihak bandara Kalimarau.

“Sore ini kita akan rapat dengan Bupati untuk kelanjutannya seperti apa nanti,” ungkap Hari, Senin (27/11/23).

Lanjutnya, dalam rapat nanti pihaknya akan memaparkan beberapa skema kepada Bupati dan akan disampaikan oleh perwakilan dari maskapai Citilink yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia.

“Salah satu deputi dari BUMN yakni Erik Tohir menitipkan Citilink untuk mengembangkan usahanya di Kabupaten Berau dan meminta pendampingan hukum dari Kejari Berau,” tuturnya.

Selanjutnya juga pihaknya akan melakukan komunikasi lebih lanjut dengan pihak di Kecamatan Maratua tentang rencana pembukaan rute penerbangan kesana, khususnya para pengelola atau owner dari resort-resort.

“Rencana bisa terbang dua kali seminggu sudah bagus itu. Ditambah jika sudah beroperasi nanti, untuk alat kesehatan dan produk UMKM akan mendapatkan subsidi kargo dan tentunya biayanya akan jauh lebih murah,” ucapnya.

Hari berharap, dengan penambahan penerbangan, baik di Kalimarau dan Maratua ini berdampak pada roda perekonomian masyarakat ke dampak positif. Kata dia, penurunan inflasi yang terutama pihaknya inginkan bisa terus menurun.

“Semoga Kabupaten Berau yang kita cintai ini bisa maju dan terus berkembang. Bukan saya saja yang akan menikmati ini, tapi seluruh masyarakat Kabupaten Berau,” tandasnya.

Sementara itu, perwakilan dari Citilink, Arif menuturkan, dalam upaya meningkatkan dan pengembangan pariwisata di Maratua, pihaknya bersama Kadishub Berau, Ewang telah berkomunikasi tentang pembukaan rute penerbangan Maskapai Citilink dari Bandara Kalimarau menuju Bandara Maratua.

Ia menyebut, potensi pariwisata di Maratua perlu diekspos mengingat terdapat infrastruktur yang mempuni untuk mendukung pengembangan pariwisatanya, seperti bandara Maratua yang ada saat ini harus difungsikan maksimal.

Arif selaku perwakilan Citilink atau PT Garuda Indonesia bersama Kejari, Dishub dan stakeholder lainnya berimprovisasi untuk memaksimalkan bandara Maratua untuk perkembangan destinasi pariwisata di sana.

“Semua sudah kami rencanakan, hanya tinggal menunggu keputusan dari Bupati kita memilih skema yang mana,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk metode kerjasama sendiri, Pemkab Berau bisa memilih beberapa opsi, diantaranya sistem Carter, bloksit atau deposit subsidi.

“Tinggal dari pemangku kebijakan memilih opsi yang mana, kita sudah pernah melakukan kerjasama dengan pihak lain dengan ketiga opsi tersebut dan berhasil memberikan dampak positif,” bebernya.

Selain itu, perwakilan dari PT Citra Dunia Angkasa, Ferdi menjelaskan, pihaknya merupakan stakeholder atau vendor yang ditunjuk oleh Citilink Indonesia untuk membantu diberbagai bagian di stasiun bandara Kalimarau.

“Tugas kami sebagai partner atau penunjang operasional Citilink di bandara di Kalimarau, tugas kami selain menyediakan SDM dalam ceking counter, kargo dan bagasi sudah berkontak dengan kami,” jelasnya.

Kata dia, adanya rencana dibukanya rute penerbangan Maskapai Citilink dari Bandara Kalimarau ke Maratua pihaknya akan memberikan dukungan penuh dan siap berkontribusi di rute baru tersebut.

“Kami siap kapan saja,” tutupnya. (*)

Bagikan

Subscribe to Our Channel