Follow kami di google berita

Pergi Melaut, Seorang Nelayan Hilang di Perairan Sangalaki

A-News.id, Berau — Telah terjadi kecelakaan Air yang menimpa seorang nelayan awai di Perairan Sangalaki, Berau Kalimantan Timur, Senin (06/12/2021) sekitar Pukul 16.00 Wita.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan Melkyanus Kotta, menurut informasi yang diterimanya oleh Adam pada Pukul 07.25 Wita, kecelakaan Kapal milik Nelayan Ipang(35) yang beralamatkan di Talisayan tersebut mengalami mati mesin pada saat pergi melaut untuk mencari ikan bersama 4 Nelayan lainnya.

Kronologis kejadian juga dijelaskan, pada Senin (6/12) sekitar Pukul 09.00 Wita, 4 perahu Nelayan masing-masing 1 orang dan masing-masing membawa 2 rawai pergi mencari ikan dengan cara merawai.

Merawai merupakan metode penangkapan ikan yang dilakukan secara komersial menggunakan tali panjang yang disebut tali utama serta tali kail yang terpasang.

Sekitar Pukul 11.00 Wita ke 4-Nelayan tiba di lokasi Perairan Sangalaki (Fishing Ground) langsung menebar Rawai.

Sekira pukul 12.00 Wita perahu Ipang mengalami mati mesin dan meminta bantuan kepada 3 temannya untuk coba diperbaiki namun tidak bisa karena pada bagian mesin perkelipnya patah dan keterbatasan peralatan.

Karena hari sudah mulai sore, sekitar Pukul 16.00 Wita ke-3 temannya ini meninggalkan Ipang untuk mengambil Rawai yang sudah disebar.

Setelah Rawainya diambil kemudian ke-3 temannya kembali lagi keposisi Ipang, namun sudah tidak ada di lokasi dan berusaha dilakukan pencarian sampai malam hari.

Sekitar Pukul 21.00 Wita terjadi hujan deras disertai angin kencang, ke-3 Nelayan tersebut berlindung dengan cara Perahu diikat di Rawai sampai pagi hari, Selasa (07/12/2021).

Sekitar pukul 07.00 Wita cuaca mulai reda dan dilanjutkan pencarian kembali terhadap Ipang sampai dengan siang hari Pukul 13.00 Wita.

“Karena pencarian tidak membuahkan hasil, kemudian ke-3 Nelayanan ini pulang ke Talisayan untuk melapor ke Ketua Nelayan dan aparat terkait,” ungkap Melky dalam keterangan tertulisnya yang diterima oleh A-New.id, Rabu (8/12/2021) Pukul  08.26 Wita. (mik)

 

Bagikan

Subscribe to Our Channel