Percasi Berau Seleksi Atlet Catur Untuk Ikuti Turnamen Pelajar SMA dan Popda Kaltim


A-News.id, Berau – Pengurus Cabang Percasi Kabupaten Berau laksanakan seleksi untuk mempersiapkan atlet catur mengikuti Turnamen Catur Pelajar SMA di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Seleksi untuk mengikuti Popda Kaltim di Kabupaten Paser.

Awalnya Berau mempersiapkan atlit pelajar ini untuk Popda Kaltim yang akan dilaksanakan di bulan November 2021 di Kabupaten Paser, tapi kemudian minggu lalu kita dapat undangan utk mengikuti turnamen Catur antar Pelajar SMA yang akan dilaksanakan 24 – 26 September 2021 di Kutai Kartanegara, yang penyelenggaranya Diknas Provinsi Kalimantan Timur. Hal itu disampaikan Fitrial Noor, Selasa,21/9/2021.

“Yang diundang sebenarnya Kepala Cabang Dinas Pendidikan Berau, sebagai penanggungjawab untuk tingkat SMA, tetapi memang diminta memang mengkoordinasikan dengan Percasi setempat,” kata Fitrial Noor biasa disapa Bung Piepit.

Maka Percasi lain kemudian melakukan seleksinya. Jadi pada hari ini, lanjut Bung Piepit, ada 2 seleksi, yaitu Seleksi Final untuk mengikuti Turnamen Catur Pelajar SMA di Kukar, kemudian juga sekaligus seleksi pertama untuk mengikuti cabang olahraga catur di Popda Kaltim.

Seleksi untuk mengikuti cabang olahraga catur di Popda Kaltim ada 3 kali tahapan seleksi.

“Karena kalau seleksi untuk Popda itu kita 3 kali seleksi, ini baru seleksi pertamanya. Jadi memang hari ini akan mendapatkan 4 orang pelajar SMA yang akan mengikuti turnamen di Kukar, tapi juga sekaligus hasil seleksi tahap pertama untuk mengikuti lagi tahap kedua dan ketiga untuk Popda Kaltim,” tambah Bung Piepit.

Sementara terkait batasan usia atlit catur yang bisa mengikuti Popda ini adalah maksimal tanggal lahirnya 1 Januari 2004.

“Kalau untuk Popda itu ada batasan, Dia maksimal lahirnya 1 Januari 2004, tapi yang sesudahnya silahkan, makanya walaupun ada yang SD kalau ternyata SD ini luar biasa, gak ada masalah, kita akan ikutkan di Popda,” imbuhnya.

Memang ada pelajar SD 2 orang, pelajar SMP 6 dari total 15 orang pelajar se-Kabupaten Berau yang telah mendaftar untuk mengikuti seleksi.

Untuk Turnamen Pelajar SMA di Kukar akan diambil 4 orang, sementara untuk Popda Kaltim di Paser sebanyak 6 orang.

“Untuk Kukar sudah final, untuk Popda baru tahap I,” katanya.

Nanti akan kita evaluasi sampai kita menemukan 6 orang untuk ditetapkan mengikuti Popda Kaltim di Kabupaten Paser. (dit)

Bagikan