Follow kami di google berita

Percasi Berau Gelar Turnamen Catur Bupati Cup I 2022

A-News.id, Tanjung Redeb — Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke-77, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Berau gelar Open Turnament catur tingkat Kabupaten, di Gedung Balai Mufakat , Sabtu (13/8/2022).

Turnament ini diikuti sebanyak 172 peserta yang dibagi masing-masing kategori mulai dari U-15 tahun hingga jenjang veteran.

Ketua Percasi Berau, Fitrial Noor mengatakan event ini seharusnya dilaksanakan dua tahun sebelumnya, akan tetapi pada tahun tersebut pandemi Covid-19 sedang melanda sehingga turnament tersebut ditunda.

“Dan kegiatan ini baru kita mulai, bekerjasama dengan Pemkab Berau khususnya Bupati, dan catur ini merupakan salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Popda Kaltim, Kabupaten Paser, ” ujarnya.

Ditambahkannya,  selain di Popda Kaltim, catur ini juga murupakan salah satu cabor yang akan dipertandingkan di Porprov Kaltim kedepannya.

“Selain dalam rangka HUT RI Ke 77, ini juga dalam rangka seleksi para atlet catur pada kegiatan tersebut,” bebernya.

Kegiatan ini direncakan akan terus berlanjut dan pihaknya juga tengah merencanakan kegiatan pertandingan antar club.

“Dan ini kita akan perkembangkan semua, karena potensi di Berau cukup besar,” jelasnya.

Pemenang 8 besar dari berbagai kategori rencananya akan di bina lagi agar dapat maju bertarung di tingkat yang lebih tinggi lagi, semisalnya tingkat Provinsi.

Sementara itu, Ketua Panitia Turnament Catur Bupati Cup II, Roby Maula menambahkan, ada sekitar 172 peserta yang dari masing-masing kategori, yaitu U-15, U-18, Ceteran dan umum.

“Untuk yang u-15 ada 38 peserta, u-18 ada 32 peserta, veteran ada 12 peserta dan umum sebanyak 90 peserta, dan ini melebihi dari ekpetasi kami, luar biasa,” tambahnya.

Hal ini membuktikan bahwa di Kabupaten Berau olahraga catur sangat banyak diminati, dan untuk kegiatan ini kami laksanakan tidak memungut biaya pendaftaran.

“Alias gratis, dan persyaratan juga kami permudah, karena animo masyarakat yang cukup antusias,” ujarnya.

Untuk terus mengembangkan potensi dini dari peminat catur, Roby menuturkan, jika di Berau khususnya Tanjung Redeb telah ada sekolah catur. Tepatnya di samping kantor Kadin Berau.

“Di sana untuk para yang ingin bermain catur atau jika ingin belajar dapat datang. Kami juga terkadang rutin melaksankaan turnament 2 minggu sekali,” tandasnya, (nov)

 

Bagikan

Subscribe to Our Channel