Follow kami di google berita

Pemegang Saham Pelindo, Lakukan Pergantian Direktur Strategi & KomersialSPJM

A-News.id, (Makassar) — Pemegang Saham Subholding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) yaitu PT Pelabuhan Indonesia (Persero) memutuskan untuk melakukan pergantian Direktur Strategi dan Komersial, sebelumnya dijabat Faruq Hidayat, sekarang dijabat oleh Kokok Susanto.

Subholding PT Pelindo Jasa Maritim merupakan salah satu subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang dibentuk pasca merger yang berfokus pada jasa layanan marine, peralatan, dan utilitas pelabuhan lainnya.

Per 7 November 2023 lalu, pemegang saham Pelindo melakukan perubahan pada jajaran direksi Subholding, termasuk salah satu anggota Direksi SPJM yaitu Direktur Strategi dan Komersial yang sebelumnya dijabat oleh Faruq Hidayat dan digantikan oleh Kokok Susanto.

Sebelumnya, Pemegang Saham mengangkat jajaran Direksi SPJM termasuk Faruq Hidayat selaku Direktur Operasi dan Komersial (dan berganti nama jabatan menjadi Direktur Strategi dan Komersial).

“Keputusan Pemegang Saham terkait pergantian direksi ini merupakan hal yang lazim dilakukan oleh sebuah korporasi besar demikian pula dengan Pelindo Group. Yang terpenting adalah support dari semua jajaran manajemen untuk mencapai tujuan bersama,” kata Prasetyadi, Direktur Utama SPJM.

Senada dengan hal tersebut, pejabat baru pada jabatan Direktur Strategi dan Komersial SPJM, Kokok Susanto mengatakan, “Mohon dukungan seluruh jajaran agar kiranya kita dapat lancar mencapai target Perusahaan.”

Sementara itu pejabat lama Direktur Strategi dan Komersial, Faruq Hidayat yang kini menjabat sebagai Direktur Teknik PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) menyampaikan bahwa SPJM maupun SPTP memiliki kaitan yang erat dalam kegiatan bisnisnya.

Tak lupa dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Komisaris, Direksi, dan Manajemen SPJM Group yang selama ini banyak membantu dirinya dalam mengemban amanah.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar mengatakan, “Pergantian komisaris dan direksi merupakan bagian dari dinamika Perusahaan dalam melanjutkan pencapaian visi dan misi, dengan menempatkan personal di berbagai subholding. Sejalan dengan pelaksanaan serangkaian strategi inisiatif Pelindo Group yang didukung dengan optimal oleh seluruh Subholding.”

Kokok Susanto sebelumnya menjabat Direktur Strategi dan Komersial PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) yang juga merupakan Subholding Pelindo Group berkantor di Belawan, Medan.

“Mewakili segenap insan Perseroan, kami juga menyampaikan apresiasi yang tertinggi dan terima kasih atas segala bentuk kontribusi dan dedikasi yang telah diberikan oleh Pak Faruq Hidayat selaku Direktur Strategi dan Komersial SPJM. Semoga Tuhan senantiasa memberikan kesehatan dan kesuksesan untuk semuanya di manapun berada, serta selamat bergabung menjadi keluarga besar SPJM kepada Pak Kokok,” tukas Prasetyadi.

Dengan pergantian tersebut, maka susunan Direksi PT Pelindo Jasa Maritim sebagai berikut:

a. Prasetyadi : Direktur Utama

b. Choirul Anwar : Direktur Keuangan

c. Arief Prabowo : Direktur Operasi dan Teknik

d. Kokok Susanto : Direktur Strategi dan Komersial

e. Rachmat Prayogi : Direktur SDM

Tentang Pelindo Jasa Maritim

PT Pelindo Jasa Maritim atau yang disingkat dengan SPJM merupakan subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang dibentuk pada 1 Oktober 2021 pasca integrasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero). PT Pelindo Jasa Maritim telah berpengalaman dengan mengelola lima klaster bisnis, yaitu jasa layanan marine, jasa peralatan pelabuhan (Equipments), jasa galangan, pengerukan (dredging solution), dan jasa utilitas kepelabuhanan (Port Services).

Wilayah operasional SPJM mencakup seluruh Nusantara yang terbentang dari Malahayati hingga Merauke. SPJM juga terbuka untuk kerja sama dan bersinergi dalam dukungan layanan dengan mitra strategis baik untuk entitas domestik maupun luar negeri.

SPJM saat ini mengelola 8 (delapan) anak perusahaan yaitu PT Jasa Armada Indonesia Tbk., PT Pelindo Marine Service, PT Equiport Inti Indonesia, PT Jasa Peralatan Pelabuhan, PT Energi Pelabuhan Indonesia, dan PT Pengerukan Indonesia, PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA), dan PT Lamong Energi Indonesia. SPJM juga memiliki 3 cucu perusahaan yaitu PT Alur Pelayaran Barat Surabaya, PT Berkah Multi Cargo, dan PT Pelindo Energi Logistik. Dengan keberagaman segmen bisnisnya, SPJM mampu menyediakan integrated one stop service bagi pengguna jasanya.(mimbar maritim).

Bagikan

Subscribe to Our Channel