Follow kami di google berita

PELNI Apresiasi Bantuan Kemenhub, KM Sirimau Lepas Kandas

A-News.id, Jakarta — KM Sirimau salah satu kapal penumpang yang dioperasikan PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) yang mengalami kandas di Pulau Ipet Perairan Lewoleba pada Selasa (17/5/2022) telah lepas kandas pada Kamis (19/5/2022) pukul 10.57 WITA

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero) Opik Taupik menyampaikan terima kasih atas koordinasi serta bantuan yang diberikan kepada PT PELNI (Persero) dalam upaya lepas kandas KM Sirimau.

“Alhamdulillah KM Sirimau sudah lepas kandas. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak-pihak yang telah membantu KM Sirimau dalam upaya lepas kandas,” demikian disampaikan Opik Taupik melalui keterangan tertulisnya diterima Mimbar Maritim, Kamis (19/5/2022)

Saat ini KM Sirimau sedang menuju ke Pelabuhan Lewoleba untuk dilakukan pemeriksaan secara mendetail oleh Marine Inspector. Pemeriksaan KM. Sirimau ini guna menjaga kelaiklautan kapal sehingga dapat beroperasional kembali dengan aman, nyaman, serta mengantarkan penumpang ke tujuan dengan selamat.

“KM Sirimau saat ini menuju Pelabuhan Lewoleba pada Kamis (19/5/2022) dan diperkirakan sandar di Pelabuhan Lewoleba pukul 12.30 WITA untuk dilakukan pemeriksaan. Setelah pemeriksaan selesai dan kapal dinyatakan laik laut, maka KM Sirimau siap untuk beroperasi kembali dengan rute Lewoleba-Maumere-Baubau-Wanci-Namrole-Ambon-Sorong-Manokwari-Sorong-Ambin-Wanci-Baubau-Maumere-Lewoleba-Kupang,” tutur Opik.

Seluruh penumpang di atas kapal yang berjumlah 784 orang beserta dengan kru kapal dipastikan aman dan selamat. Hal ini sebagai perwujudan PT PELNI (Persero) yg berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan yang terbaik kepada seluruh stakeholdernya termasuk kepada pengguna jasa.

KM Sirimau merupakan salah satu kapal PELNI yang memiliki kapasitas 1000 pax dengan rute Kupang-Lewoleba-Maumere-Baubau-Wanci-Namrole-Ambon-Sorong-Manokwari-Sorong-Ambin-Wanci-Baubau-Maumere-Lewoleba-Kupang PP.

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 44 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3.695 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 16 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini PELNI mengoperasikan 10 trayek tol laut serta 1 trayek khusus untuk angkutan ternak.(Mimbar Maritim).

Bagikan

Subscribe to Our Channel