Follow kami di google berita

Pelatihan Pengelolaan Hasil Laut di Kampung Kasai

A-News.id, Pulau Derawan – Meningkatkan kapasitas hasil laut, pemerintah Kampung Kasai bersama dengan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau gelar pelatihan pengelolaan hasil laut, Selasa (7/11/2021).

Pemerintah kampung setempat menyampaikan, kegiatan pelatihan tersebut bertujuan untuk memberi pengetahuan serta keterampilan kepada ibu rumah tangga setempat agar bisa memanfaatkan hasil laut sebagai pendapatan ekonomi dengan cara mengelolaan yang baik.

Bahkan jika pelatihan tersebut berjalan maksimal, maka pengelolaan hasil laut tersebut akan disinkronkan dengan program kerja yang ada di Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) Kampung Kasai, Kecamatan Pulau Derawan yang direncanakan juga menjadi sumber pendapatan asli Kampung Kasai.

“Rencananya hasil pengelolaan hasil laut ini akan kami pasarkan di warung makan yang berbentuk aset milik BUMK yang rencananya akan diusulkan pada tahun 2022,” ujarnya.

“Perlunya pola pikir yang baik agar Kampung Kasai memiliki PAD di tahun depan mengingat dari lima kampung se Kecamatan Pulau Derawan hanya Kampung Kasai yang sampai saat ini belum memiliki PAD kampung,” tambahnya.

Di sisi lain, Narasumber dari Dinas Perikanan, Tri Risnawati menyampaikan, kegiatan pengelolaan hasil laut tersebut merupakan kegiatan usaha ekonomi untuk penganekaragaman produk atau bidang usaha yang dilakukan guna memaksimalkan keuntungan (diversifikasi).

Sehingga nantinya, produk olahan perikanan yang dihasilkan dapat menjadi menu uatama di lingkup rumah tangga bahkan mendukung program Dinas Perikanan yakni “Gemar Makan Ikan” tujuannya dengan protein hewani khususnya yang berasal dari ikan bisa memberikan dampak positif dalam tumbuh kembang kemampun berpikir sehingga dapat mencerdaskan generasi masa depan.

“Kegiatan ini sebenarnya dilaksanakan oleh Diskoperindag, pada kesempatan pelatihan ini kedua dinas bekerjasama (Dinas Perikanan dan Diskoperindag) melaksanakan pelatihan pengelolaan hasil laut,” ungkap Risnawati.

Salah seorang peserta pelatihan, Ayu mengaku senang mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kampung Kasai bersama dengan Pemerintah Daerah Berau, yang diakuinya sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama kalangan ibu rumah tangga.

“Kami berharap Pemerintah Kampung Kasai dapat memberikan ide-ide cemerlang untuk membangun kampung menjadi lebih baik lagi, yang mana jika dilihat banyak potensi yang terdapat di Kampung Kasai bisa dikembangkan melalui langkah-langkah yang baik,” (SL). (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel