Follow kami di google berita

PASCA MENDARAT DARURAT, PESAWAT BATIK AIR BERHASIL DIPINDAHKAN

ANews, Berau – Pesawat Batik Air tujuan Jambi-Jakarta mendarat darurat saat baru 23 menit lepas landas lantaran mengalami gangguan teknis. Pesawat dengan nomor penerbangan ID 6803 itu lantas kembali mendarat di Bandara Sulthan Thaha tempat lepas landas.

“Iya Penerbangan Batik air tadi sempat mengalami RTB (return to base) dan emergency landing di Bandara Sultan Thaha Jambi,” kata Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi, Indra Gunawan mengutip detikcom, Sabtu (6/3).

Indra menjelaskan bahwa pesawat lepas landas pada pukul 13.28 WIB. Namun harus kembali mendarat di bandara yang sama pada pukul 13.51. Dia mengatakan ada kendala pada roda depan (nose wheel).

Sementara itu, Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan bahwa pilot memutuskan memutar balik pesawat karena tahu ada kendala teknis usai ada pemberitahuan.

“Setelah lepas landas, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara keberangkatan (return to base/ RTB) dikarenakan ada salah satu indikator menyala di ruang kokpit (yang memberitahukan atau menunjukkan), kemungkinan ada kendala teknis (technical reason),” ujar Danang dalam keterangan tertulis.

Danang menyatakan keputusan pilot sudah tepat, karena mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan serta para penumpang. Selanjutnya, pemeriksaan dan pengecekan akan dilakukan terhadap pesawat jenis Airbus 320-200 registrasi PK-LUT tersebut.

“Batik Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul sehingga penerbangan para tamu ID-6803 terganggu. Batik Air telah memberikan layanan kompensasi penundaan keberangkatan (delay management) berdasarkan ketentuan yang berlaku,” ujar Danang.

Mengutip keterangan resmi Batik Air, evakuasi dan penarikan (towing) badan pesawat dilakukan melalui koordinasi dan kerja sama yang baik semua pihak yang terlibat.

“Pukul 06.20 WIB, pemindahan posisi pesawat dilakukan dengan aman dan tepat sesuai prosedur. Saat ini, Airbus 320-200 registrasi PK-LUT sudah berada di landasan parkir,” ujarnya. (cnn/jul)

Bagikan

Subscribe to Our Channel