Panglima Kolinlamil Sambut Kedatangan Kapal Perang China

Jakarta – Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi beserta Kepala Staf Koarmada RI menyambut kedatangan kapal Chinese People Liberation Army Navy (CPLA-N) Hospital Ship Peace ARK 866 yang dipimpin oleh Commander of Mission Harmony 2022 Rear Admiral Qiu Wensheng di Dermaga JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (10/11/2022).

Kunjungan kapal perang China jenis bantu rumah sakit (BRS) tersebut dalam rangka medical service atau misi kemanusiaan. Selesai proses sandar di dermaga, Commander of Mission Harmony 2022 beserta para delegasi Angkatan Laut China disambut dengan Tari Tor-Tor yang merupakan tarian asal Sumatera Utara yang menggambarkan penghormatan kepada tamu dan media komunikasi interaktif. Nantinya, selama berada di Indonesia delegasi China dari Hospital Ship Peace ARK 866 akan melaksanakan kunjungan kehormatan (Courtesy Call) kepada sejumlah pejabat TNI AL dan Gubernur DKI Jakarta serta pengayaan wawasan dengan melaksanakan city tour.

Dalam kesempatan tersebut Rear Admiral Qiu Wensheng mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh TNI AL. Diharapkan dari kunjungannya ini mampu meningkatkan hubungan bilateral RI-China dalam berbagai bidang. Dalam kesempatan yang sama, Panglima Kolinlamil menyampaikan ucapan selamat datang di Indonesia dan hal ini adalah suatu kehormatan bagi TNI Angkatan Laut.

“Port visit ini merupakan sesuatu yang sangat penting untuk mempererat Navy Brotherhood antara Angkatan Laut kedua negara serta dapat meningkatkan hubungan bilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Rakyat China untuk melakukan kerja sama di berbagai bidang,” ungkap Panglima Kolinlamil.

Kapal Rumah Sakit CPLA-N Hospital Ship Peace ARK 866 memiliki panjang 178 meter dan lebar 24 meter merupakan kapal yang ditugaskan ke Armada Laut Selatan dan berbasis di Zhoushan di Provinsi Zhejiang China. Kapal ini memiliki sarana prasarana rumah sakit dengan kapasitas 300 tempat tidur pasien, 20 tempat tidur ICU, ruang operasi serta berbagai fasilitas kesehatan lainnya. Hospital Ship Peace ARK 866 mampu membawa helikopter yang digunakan untuk SAR dan Medical Evacuation (medivac). (MM-01

Bagikan