Follow kami di google berita

Optimalkan Pelayanan Kampung Long Lanuk: Kantor dan Gedung Serbaguna Bantuan PT Berau Coal Diapresiasi Bupati

A-News.id, Tanjung Redeb – PT Berau Coal memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) nya di Kampung Long Lanuk. Kali ini, CSR itu dimanfaatkan untuk membangun gedung pemerintahan kampung agar dapat meningkatkan pelayanan.

CSR Advisor PT Berau Coal, Horas Parsaulian Pardede mengatakan, pihaknya akan berupaya selalu konsisten untuk mendukung segala bentuk kebutuhan masyarakat di Bumi Batiwakkal. Terkhusus bagi masyarakat yang berada di kawasan lingkar operasional tambang PT Berau Coal.

“Ya, kami selalu berusaha untuk membantu dan memberikan dukungan, dengan syarat dukungan tersebut mampu berdampak positif dan jangka panjang bagi masyarakat,” ujarnya.

Diakuinya, kali ini PT Berau Coal memberikan dukungan terhadap pembangunan kantor Kepala Kampung Long Lanuk.

Menurutnya, pembangunan kantor Pemerintahan Kampung tersebut telah direncanakan sejak tahun 2021. Namun, akhirnya baru terealisasi pada tahun 2023.

“Ini sudah direncanakan cukup lama. Namun, sempat tertunda akibat pandemi dan tahun ini baru bisa direalisasikan dan diresmikan,” katanya.

Dirinya megharapkan, dengan adanya kantor pemerintahan kampung yang baru, bisa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Semoga dengan suasana kantor yang baru, bisa menambah semangat dan etos kerja para pelayan masyarakat. Sehingga, pelayanan pemerintah kampung kepada masyarakat bisa lebih maksimal,” tegasnya.

Lanjutnya, tidak hanya kantor pemerintahan. Dirinya pun mengaku, sebelumnya Kampung Long Lanuk sudah mendapatkan dukungan berupa listrik dan air bersih.

“Kami selalu memberikan perhatian kepada masyarakat lingkar tambang,” ucapnya.

Horas menyebut, kedepan pihaknya akan kembali memberikan kontribusi pada pembangunan gereja dan masjid di kampung Long Lanuk.

“Target selanjutnya, juga akan ada pembangunan gedung kantor pemerintahan kampung di Kampung Tumbit Dayak,” jelasnya

“Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan dapat menunjang kegiatan kampung dan pelayanan masyarakat menjadi lebih optimal. Tentu juga kami berharap Berau Coal dapat terus mendampingi kemajuan masyarakat kampung dampingan dan memberi manfaat jangka panjang,” lanjutnya.

Bupati Berau Sri Juniarsih yang hadir meresmikan kantor dan gedung serbaguna baru bantuan PT Berau Coal beranggapan, bahwa dengan dibangunnya fasilitas kampung tersebut telah menunjukkan sinergi yang solid antara Pemerintah Kabupaten Berau, Pemerintah Kecamatan hingga Pemerintah Kampung bersama masyarakat dengan dunia industri dan usaha yang ada di sekitar.

Dirinya berharap, seiring dengan fasilitas pemerintahan yang baik ini dapat juga meningkat pelayanan yang diberikan kampung kepada masyarakat. Juga gedung serbaguna yang turut diresmikan bisa bermanfaat mendukung kegiatan masyarakat di Kampung Long Lanuk.

“Saya mengapresiasi kolaborasi yang telah terjalin, kerja sama serupa harus tetap berjalan dan berkelanjutan. Kolaborasi pemerintah dan perusahaan harus berjalan seiring dan mampu memberikan pelayanan yang memuaskan. Ini tempat yang representatif, jaga fasilitasnya dan tingkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Long Lanuk, Solaiman mengatakan, bahwa itu adalah sesuatu yang positif. Dimana, PT Berau Coal diakuinya telah memenuhi kewajibannya terhadap kampung yang berada di area lingkar tambang melalui program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) atau CSR nya.

“Ini program yang luar biasa. Manfaat dari program ini langsung bisa dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

Dirinya berharap, kerja sama serupa tidak hanya sampai di sini saja. Menurutnya, masih banyak hal positif lainnya, yang dapat disinerginkan antara pemerintah kampung, msyarakat, dan bersama PT Berau Coal.

“Saat ini juga sedang berlangsung pembangunan gereja,” katanya.

Solaiman mengucapkan terima kasih kepada PT Berau Coal dan pemerintah daerah yang sudah membantu pembangunan kantor dan balai serbaguna di Kampung Long Lanuk yang telah diresmikan.

“Kami tentunya sangat berterima kasih dengan semua bantuan dan kolaborasi yang telah terjalin bersama PT Berau Coal,” ucapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina mengatakan, dengan kehadiran perusahaan di kampung, diharpakan mampu bersinergi dalam membangun kampung, salah satu contohnya yaitu hadirnya PT Berau Coal mendampingi masyarakat.

“Ini tentunya hal baik yang harus mendapat apresiasi,” ungkapnya.

Pihaknya turut memberikan apresiasi kepada Berau Coal, sudah membangun kantor dan gedung serbaguna di Kammpung Long Lanuk. Seiring fasilitas yang baik dan begitu memadai, juga dapat memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

“Kami berharap, aset yang dimiliki kampung bisa memberikan pelayanan optimal dan dijaga dengan baik,” tuturnya.

Dengan adanya kerja sama antara Berau Coal dengan Pemerintah Daerah mampu membangun Berau bersama-sama.

“Saya berharap, agar perusahaan lainnya yang beroperasi di Kabupaten Berau bisa mengikuti jejak PT Berau Coal dalam bersinergi bersama pemerintah dan masyarakat setempat,” tandasnya. (Adv/Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel