Follow kami di google berita

Misi TNI AU Salurkan Vaksin ke Bumi Batiwakkal Tuntas, Pemkab Berau Harap Capaian Vaksinasi Bisa Naik


ANews, Teluk Bayur – Misi TNI Angkatan Udara melaksanakan serbuan vaksinasi di Bumi Batiwakkal telah tuntas.

Kegiatan yang berlangsung secara bertahap mulai dosis 1 pada 8-11 September, disambung dosis 2 sejak 6-9 Oktober 2021 tersebut, disambut antusiasme masyarakat yang berbondong-bondong datang ke Bandara Kalimarau untuk disuntik vaksin covid-19.

Sebelum meninggalkan Bumi Batiwakkal, Sejumlah perwira Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Dhomber Balikpapan memberikan ucapan terima kasih ke Pemerintah Daerah Berau, Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kalimarau, unsur TNI-Polri serta pihak ketiga lantaran telah membantu mensukseskan jalannya pelaksanaan serbuan vaksinasi yang berlangsung dalam kurun waktu dua bulan itu.

Secara simbolis, pemberian pelakat dan cenderamata diterima oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih diikuti pula oleh Dandim 0902/Bru, Letkol Inf. Fardin Wardhana, Kapolres Berau, AKBP Anggoro Wicaksono, Kepala UPBU Kalimarau Bambang Hartato dan perwakilan pihak ketiga.

Komandan Lanud Dhomber Balikpapan, Kolonel Pnb Dedy Susanto menuturkan, atas kerja sama yang baik itu pula, pelaksanaan serbuan vaksinasi yang diselenggarakan pihaknya dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

“Persentase sampai dengan kemarin sudah sekitar 70 persen (vaksinasi tersalurkan), mudah-mudahan hari ini tuntas 30 persennya,” ujarnya, di ruang VIP Bandara Kalimarau, Sabtu (9/10/2021).

Perwira berpangkat mawar tiga itu mengakui, penyaluran stok dosis vaksin kedua terkadang tidak terserap 100 persen ke masyarakat, hal itu dikarenakan, banyak dari peserta vaksinasi yang telah duluan mengikuti kegiatan vaksinasi massal di tempat yang berbeda.

“Ada beberapa dari masyarakat yang dosis satunya disini (Bandara Kalimarau) sedangkan dosis duanya ada di luar kota dan di tempat lainnya,” katanya.

“Saya berterima kasih atas kerja sama yang baik selama kegiatan vaksinasi di Bandara Kalimarau, Berau ini,” pungkasnya.

Di sisi lain, Bupati Berau Sri Juniarsih memastikan, dengan serbuan vaksinasi yang diselenggarakan oleh TNI AU dapat sedikit meringankan beban Pemerintah Daerah dalam hal menambah cakupan vaksin ke masyarakat.

“Tentu saja Pemda kami sangat menanggapi positif atas support dari TNI AU ini, dan kami dari pemda merasa sangat terbantu sekali dengan adanya serbuan vaksinasi ini,” katanya.

“Harapannya angka penularan covid-19 bisa semakin melandai termasuk level PPKM juga menurun. Semoga support pemberian vaksinasi ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan, mengingat Berau juga merupakan tujuan wisata,” pungkas Bupati Berau.

Diberitakan sebelumnya, TNI AU menyiapkan jatah vaksin sebanyak 10.500 dosis yang disalurkan secara terpisah selama empat hari mulai 6-9 Oktober 2021.

Kepala Staf (Kas) Koopsau II Marsma TNI Danet Hendriyanto yang meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi menyebut, jika penyaluran dosis dalam jumlah banyak itu, adalah satu diantara program yang diperintahkan langsung oleh, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk membantu daerah yang capaian vaksinasinya masih di bawah standar, salah satunya Kabupaten Berau.

“Bagaimana caranya mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Berau ini salah satunya yang menjadi sasaran,” ujarnya kepada awak media pada pembukaan serbuan vaksinasi TNI AU, Rabu (6/10/2021).

Bagikan

Subscribe to Our Channel