Follow kami di google berita

MESKI TREND MENURUN, KANTOR KESEHATAN PELABUHAN WILKER BERAU TETAP SIAGA PENULARAN COVID-19

ANEWS, Berau – Meskipun informasi yang berkembang terkait situasi covid-19, khususnya di Kabupaten Berau trend-nya sudah menurun, Husain, Kepala Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tarakan Wilker Berau, Rabu, 10/3 mengatakan, saat ditemui di kantornya, bahwa trend menurun itu belum tentu mengisyaratkan atau mengindikasikan bahwa kasus covid-19 berkurang.

“Trend menurun itu dalam artian mungkin pada saat sekarang penemuan kasus menurun, cuma dalam artian kita juga harus tetap menjaga supaya kasus-kasus yang terkomfirmasi di dinas kesehatan itu, bukan menjadi klaster-klaster baru yang kembali menyebar,” katanya.

Dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Wilker Berau masih terus tetap concern sebagai warning bagi pihaknya untuk tetap mengawasi dan memantau serta menerapkan pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan bagi para penumpang, baik yang datang dan pergi melalui bandara maupun pelabuhan, serta kegiatan keluar masuknya kapal-kapal khusus dari luar negeri di Muara Pantai.

Husain, Kepala Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tarakan Wilker Berau

Menurut Husain meskipun kasus trendnya menurun, pihaknya harus tetap siaga menjaga dan tidak menurunkan tingkat kewaspadaan terhadap pencegahan covid-19 ini. Kantor Kesehatan Pelabuhan Wilker Berau tetap memiliki kewaspadaan yang tinggi terhadap penyebaran penularan Covid-19, di pintu-pintu masuk orang.

“Karena tetap kami concern, kecuali mungkin nanti kalau akhir pandemi ini, terus pemerintah mengumumkan bahwa sudah berakhir pandemi,” imbuhnya.

Lebih lanjut Husain mengatakan pihaknya tetap mengawasi semua kapal-kapal yang masuk, terutama kapal-kapal dari luar negeri. Akan dicek selain dokumennya juga kondisi kapal dan crew-crewnya di area karantina, termasuk protokol kesehatan terkait pencegahan penularan covid-19.

Ditambahkan Husain bahwa sesuai SOP, semua kapal-kapal dari luar negeri yang akan mengangkut batubara, di Muara Pantai, harus masuk ke area karantina dulu, untuk dilakukan pemeriksaan kapal, termasuk pemeriksaan dokumen PCR test/Swab covid-19 crew kapal yang dibuat dari negara asal di luar negeri.  Setelah selesai dan dinyatakan negative, baru kapal bergeser ke area loading.

Namun jika ada yang diduga terpapar positif covid-19, maka akan dilakukan penanganan sesuai protokol kesehatan covid-19 dengan melibatkan lintas sektoral terkait penanganan covid-19. (nov)

Bagikan

Subscribe to Our Channel