Follow kami di google berita

Menhub:Indonesia Negara Kepulauan APBMI Dibutuhkan Lancarkan Logistik & Meminimalisir Harga

A-news.id, Jakarta — Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Indonesia Negara Kepulauan APBMI dibutuhkan pada kegiatan bongkar muat kapal untuk melancarkan arus logistik

Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) adalah bagian dari mata rantai logistik mendukung kelancaran distribusi bisa berperan melakukan efisiensi, sehingga harga dipasaran lebih rendah.

Menhub menyampaikan hal itu saat memberikan sambutan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APBMI Tahun 2023 bertema ‘Memperkuat Kerjasama dan Kemitraan Antara PBM Dengan BUP Sesuai Prinsip Kesetaraan dan Keadilan Dalam Berusaha,’ pada Jumat (3/11/2023) , Jakarta.

Menhub mengucapkan “Terimakasih kepada APBMI yang sudah menjadi bagian dalam arus kelancaran distribusi logistik dari kapal ke pelabuhan, terkait apa yang diminta dan musti dilakukan akan kita kaji dan dipelajari semoga terus berupaya meminimalisir harga barang,” ucap Budi Karya Sumadi.

Hadirnya asosiasi ini, lanjut Menhub ,sangat mendukung kelancaran distribusi logistik nasional. Negara Indonesia ini adalah negara kepulauan yang membutuhkan peran dari kawan-kawan APBMI, karena kehadiran dari kapal dan proses bongkar muat dapat mempengaruhi roda perputaran logistik di Indonesia.

Harapan Menhub, Perusahaan Bongkar Muat (PBM) sebagai bagian atau mata rantai dari kegiatan logistik, dapat mendukung dalam efisiensi logistik nasional tersebut.

Apa yang dilakukan APBMI selama ini,Menurut Menhub, cukup baik. Seperti kolaborasi yang dilakukan di Jakarta. Dia meminta, Dirjen (Hubla), para direktur serta teman-teman dari Pelindo dan para direksi, bisa diterapkan di daerah lain.

Menhub, mengucapkan terimakasih kepada APBMI. Dia berharap Asosiasi ini bisa memberikan solusi ongkos logistik menjadi lebih efisien.

Sehingga Indonesia menjadi negara yang kompetitif di dunia. “Kompetisi kita bukan antara kita tetapi kita membuat kompetisi antara negara-negara lain,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum DPP APBMI Juswandi Kristanto, menyampaikan APBMI selalu berkomitmen mendukung program pemerintah dalam mengefisiensikan logistik nasional.

Juswandi memaparkan asosiasi yang dipimpinnya adalah garda terdepan melakukan kegiatan kelancaran arus bongkar muat di pelabuhan yang mengutamakan safety first.

PBM selalu memposisikan diri sebagai petani dan BUP sebagai pemilik sawah, lanjut Juswandi, sebagai petani penggarap mereka tahu diri bahwa berkewajiban membayar ‘pajak’ kepada pemilik sawah dengan skema B to B.

Atas dasar itu, APBMI pernah melakukan MoU dengan PT Pelindo sebagai BUP saat Rakernas APBMI tahun 2022 di Parapat Sumatera Utara. Namun ada beberapa poin yang masih tarik ulur sehingga menjadi kendala membuat perjanjian/kontrak yang mengikat secara hukum.

Masalah itu masuk dalam agenda Rakernas, pada sesi terakhir hari pertama, para peserta Rakernas membahas tentang isi perjanjian kerja sama dengan Pelindo dan BUP yang mempunyai konsesi.

Pada Rakernas APBMI 2023 tampak hadir Gubernur DKI Jakarta yang diwakili oleh Kadishub Syafrin Liputo, Dirjen Hubla yang diwakili oleh Dirlala Capt Hendri Ginting, Dirut Pelindo yang diwakili oleh Direktur Pengelola Putut Sri Muljanto, dan para asosiasi terkait .

Rakernas APBMI tahun 2023 pada HUT Ke-35 dihadiri 310 peserta yang merupakan perwakilan dari 1.758 anggota APBMI di seluruh Indonesia. (/*)

Bagikan

Subscribe to Our Channel