Follow kami di google berita

Libur Telah Usai, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Sanggam Adji Dilayas Belum Melandai

A-News.id, Teluk Bayur – Harga kebutuhan pokok di pasar tradisional Sanggam Adji Dilayas, Kabupaten Berau belum sepenuhnya normal, pasca natal dan tahun baru 2023, Jumat (6/1/2023).

Melalui penelusuran tim A-News.id di lapangan, harga kebutuhan pokok di pasar tersebut beberapa diantaranya masih mengalami lonjakan harga. Misalnya saja, komoditi cabai dan sayur kol.

Pedagang sayuran Tukinah menyampaikan, untuk harga cabai sebelummya dijual dengan harga Rp100 ribu namun pasca nataru mengalami kenaikan harga Rp130 ribu per kilogram sedang untuk sayur kol dari Rp15 ribu menjadi Rp18 ribu perkilogram.

Lanjut Tukinah, kenaikan juga terjadi pada komoditi bawang. Untuk bawang merah naik Rp45 ribu sementara bawang putih Rp30 ribu per kilogram harga tersebut diakuinya belum melandai meski sudah seminggu pasca natal dan tahun baru.

“Pas H-7 natal harga bawang itu kisaran Rp25 ribu, tapi pas mau natal itu Rp30 ribu sampai sekarang,” katanya.

“Kalau kaya kentang harganya masih normal di harga Rp 22 ribu perkilogram,” tambahnya.

Selain komoditi sayur, kebutuhan pokok daging seperti contoh daging ayam harga di pasar Sanggam Adji Dilayas masih dikisaran Rp 40 ribu per kilogram. Kata pedagang untuk harga normal biasanya Rp 35 ribu perkilogram.

“Semoga tidak naik lagi karena harga angkut dan pangan juga naik ini,” kata seorang pedagang daging ayam, Rahman.

Naiknya harga kebutuhan pokok di pasar ini selain karena ongkos angkut yang melonjak faktor lain yang juga mempengaruhi yakni gelombang tinggi yang menyebabkan pasokan berkurang serta kondisi gagal panen yang melanda petani. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel