Follow kami di google berita

Lahan Siap, Gedung UMKM Center Segera Dibangun

A-News.id, Tanjung Redeb — Wacana pembangunan gedung UMKM Center di Kabupaten Berau terus diupayakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau.

Kepala Dinas Koperindag Berau, Salim menjelaskan saat ini wacana pembangunan gedung UMKM Center sudah tahap pembebasan lahan seluas 2 hektar.

“UMKM Center inikan salah satu 18 progam prioritas Bupati dan Wakil Bupati, dan surat usulannya juga telah disetujui bupati. Nah lahan juga sudah ada di Singkuang,” ujarnya.

Selain itu, UMKM Center ini akan menjadi tempat administrasi para pelaku UMKM apabila ingin mendaftar serta apabila ingin melakukan konsultasi usaha.

“Dari kementerian koperasi kemarin sudah memberikan Alokasi anggaran, tapi kita terlambat membuat DED ( Detailed Engineering Design) nya, nah itu akan kami ajukan di anggaran perubahan, setelah ada DED nya kita akan ajukan ke pemerintah pusat untuk meminta anggaran pembangunan,” imbuhnya.

Pembangunan UMKM Center rencananya akan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkopukm).

“Dana bantuannya sekitar Rp 10 miliyar, nanti dari dana Pemkab paling untuk DED dan pematangan lahan saja,” jelasnya.

Salim menambahkan, tak luput juga upaya pemerintah untuk meningkatkan pembinaan untuk para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang berada di setiap kampung agar dapat meningkatkan kualitas mutu produk dengan melakukan pembinaan. (nov)

Bagikan

Subscribe to Our Channel