Follow kami di google berita

KUPP Kelas II Tanjung Redeb Lakukan Penandatanganan Adendum Perjanjian Sewa BMN dengan PT Mitra Samudera Kreasi

A-News.id, Jakarta — Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tanjung Redeb bersama PT Mitra Samudera Kreasi lakukan penandatanganan adendum perjanjian sewa Barang Milik Negara (BMN) di Ruang Rapat Sriwijaya kantor Dirjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Jumat (13/1/2023).

Hadir pada penandatangan perpanjangan sewa BMN tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut. Ir. Arif Toha bersama staff, jajaran KUPP Kelas II Tanjung Redeb, Ketua DPRD Berau, Pj. Sekda Berau Agus Iswahyudi serta Direktur PT PASN selaku mitra dari perusahaan BUP PT Mitra Samudera Kreasi, Nugrahi Mawan (Ahong).

Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian mengatakan, Objek Sewa BMN berupa pemanfaatan lahan seluas 5.584 meter persegi yang berada di pelabuhan Tanjung Redeb.

Jangka waktu sewa BMN tersebut selama 3 tahun sejak perjanjian ditandatangani. Perjanjian sewa BMN ini diharapkan dapat mengoptimalisasi pemanfaatan BMN dengan penyewaan tanah dan bangunan kepada PT Mitra Samudera Kreasi untuk keperluan penumpukan barang pada pelabuhan Tanjung Redeb.

“Dengan adanya perjanjian sewa BMN ini harapan kami pertama yang jelas akan peningkatan pendapatan PNBP kita. Yang kedua secara otomatis juga dengan telah disewanya sebagian BMN di sini nantinya kegiatan akan semakin berkembang. Dengan perkembangan itu, kami yakin juga multiplier effect terhadap keberadaan pelabuhan ini sangat bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar” ujar Hotman.

Melalui adendum ini juga diharapkan mampu meningkatkan PNBP serta mempermudah arus ekonomi khususnya di Pelabuhan Tanjung Redeb dapat berjalan dengan baik. Hal ini juga tak terlepas dari arahan Kemenhub serta Ditjen Hubla.

“Dengan dilakukan pengembangan infrastruktur pelabuhan tentu akan bisa menjadi lebih baik,” jelas Hotman.

Sementara itu Direktur Utama PT. Mitra Samudera Kreasi, Ayi Paryana mengatakan PT. Mitra Samudera Kreasi menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan atas kepercayaan dalam pengelolaan Barang Milik Negara (sewa lahan : 5.854 M2), dengan arus volume container ( in dan out) rata rata sebulan adalah mencapai 3000 box (TEUS).

Pada kesempatan yang sama ia menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Bapak Ahong selaku Direktur PT Prima Anugrah Sejahtera Nusantara sebagai Mitra kerja dan sebagai mitra lokal di Kabupaten Berau.

“Kami berkomitmen akan mendukung penuh tugas Pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dari dan ke kapal, meningkatkan Pelayanan Publik, mengutamakan keselamatan kerja khususnya di lapangan penumpukan kontainer di Pelabuhan Tanjung Redeb,” ujarnya.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh Bapak Hotman Siagian selaku Kepala Kantor UPP Kelas II Tanjung Redeb bersama Staf, yang mendapatkan Piagam Penghargaan Terbaik I, dalam kategori Pengelolaan dan Penatausahaan PNBP Terbaik Tahun 2022 (Kategori 50 s/d 100 Miliar) yang diberikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut pada tanggal 4 Januari 2023.

Kami banggga, Kantor Unit “Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb mampu meraih dan mengukir prestasi dan menjadi salah satu Regulator yang memberikan konstribusi atas penerimaan PNBP Tahun 2022 kepada Negara,” tambahnya.

Adapun Pelabuhan Tanjung Redeb adalah selah satu penopang perekonomian di Kabupaten Berau Kalimantan Timur hingga ke Tanjung Selor Provinsi Kalimantan Utara.

“Untuk itu, kami akan terus melaksanakan tugas sesuai aturan dan ketentuan serta akan menjaga amanah dari Kementerian Perhubungan dengan sebaik-baiknya dalam rangka mendukung program Pemerintah di Bidang Kepelabuhanan, guna mewujudkan dunia investasi di bidang kepelabuhanan menuju Indonesia Emas 2045 ,” tutup Ayi.

Bagikan

Subscribe to Our Channel