Kritik Pemkab Berau, Warga Kecewa Jalan Mereka Selalu Becek dan Berlumpur Drainase Tidak Berfungsi !!!

Luapan lumpur di Jl. HARM Ayoeb

ANEWS, Berau – Permasalahan drainase yang ada di ruas Jalan HARM Ayoeb, Gunung Tabur, Kabupaten Berau, tepatnya di depan akses jalan masuk ke perumahan Cemara Indah Permai, hingga saat ini belum juga diperbaiki oleh pemerintah Kabupaten Berau. Pasalnya drainase yang seharusnya sebagai tempat aliran air itu malah menjadi tempat endapan lumpur, yang meluap ke badan jalan setiap datangnya hujan, seperti yang  terlihat, Senin, 26/7/2021.

Luapan endapan lumpur yang memenuhi tepi sampai ke badan jalan itu sangat mengganggu pejalan kaki, pengendara sepeda motor dan kendaraan roda empat yang akan keluar masuk ke kompleks pemukiman warga masyarakat disitu.

Dari beberapa kejadian naiknya luapan lumpur drainase pada saat hujan deras turun di lokasi yang sama, air dan lumpur meluap sampai ke tengah badan jalan, dan pernah menyebabkan tergelincirnya pengendara sepeda motor, dan macetnya arus kendaraan yang  melewati jalan HARM Ayoeb tersebut

Dinas PUPR Kabupaten Berau sebagai instansi terkait seharusnya sudah melakukan penataan ulang dan mencari tahu penyebab tertumpuknya sedimen lumpur disitu pada setiap datangnya hujan, dan mengevaluasi sistem drainase yang ada di sepanjang ruas jalan tersebut, termasuk elevasinya.

Warga yang ada di pemukiman sekitar ruas jalan yang menjadi langganan luapan lumpur sehabis hujan itu, berharap Bupati Berau dan instansi terkait mencarikan solusi untuk mengatasi permasalahan drainase di ruas jalan HARM Ayoeb tersebut yang sudah bertahun-tahun tidak kunjung diperbaiki.

Apalagi dari sisi kelancaran ruas jalan HARM Ayoeb, yang juga merupakan bagian dari ruas jalan poros Tanjung Redeb –  Tanjung Batu menuju ke destinasi pariwisata di Kepulauan Derawan dan Maratua, sangat perlu diperhatikan dan ditingkatkan. (gil)

Bagikan