Follow kami di google berita

Kepala BPS Kaltim Nyatakan Perekonomian Kaltim Meningkat 7,26% pada Kuartal I 2024

A-News.id, Samarinda – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur, Yusniar Juliana menyampaikan data yang dihimpun terkait pertumbuhan ekonomi Kaltim tumbuh sebesar 7,26% pada kuartal I/2024 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Dia menambahkan, beberapa sektor diantaranya Pemerintahan dan Energi Administrasi Pemerintahan, Pertahanan, dan Jaminan Sosial Wajib yang tercatat mengalami pertumbuhan tertinggi hingga mencapai 17,44%.

 

“Diikuti oleh sektor Pengadaan Listrik dan Gas yang naik sebesar 17,09%,” katanya dalam rilis kepada media, Senin,(06/05/2024)

 

Yusniar menjelaskan, sektor pertambangan dan penggalian masih menjadi tulang punggung ekonomi Kalimantan Timur yang mampu memberikan kontribusi terbesar dan mampu mencapai angka 4,79%. Tiga lapangan usaha yang memberikan kontribusi positif terbesar adalah Lapangan Usaha Pertambangan dan Penggalian (4,79%), Lapangan Usaha Konstruksi (1,04%), dan Lapangan Usaha Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor (0,39%).

Namun, meskipun mengalami pertumbuhan tahunan yang positif, ternyata masih terdapat perlambatan pertumbuhan dari kuartal sebelumnya, dengan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur hanya bergeser positif sebesar 0,16%.

Diungkap Yusniar, meskipun demikian dalam struktur ekonomi Benua Etam masih belum mengalami perubahan signifikan, dengan lima sektor utama yang masih mendominasi.

“Ya meskipun beberapa sektor dikatakan memiliki kenaikan, dari keseluruhan perubahan memang masih belum terlihat signifikan,” pungkasnya.(Ria)

Bagikan

Subscribe to Our Channel