Kegiatan ‘Serbuan Vaksin Covid-19’ Dilaksanakan KUPP Kelas II Tanjung Redeb bersama KKP, Lantamal XIII Tarakan dan Dinkes Berau

ANEWS, Berau – Untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 secara merata di wilayah Kabupaten Berau, hari ini 22/07/2021 di halaman Pos TNI-AL Berau, Sambaliung dilaksanakan kegiatan vaksinasi yang dinamai “Serbuan Vaksin Covid-19” yang berfokus kepada Masyarakat Maritim Kabupaten Berau.

Vaksinasi ini awalnya diprakarsai Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb,  bekerjasama dengan Pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tarakan terkait pengadaan kuota vaksin, Lantamal XIII Tarakan, yang menyiapkan para tenaga kesehatan sebagai pelaksana penyuntikan vaksin, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Berau sebagai pengawas dan Polres Berau serta Sub POM Berau, sebagai pelaksana pengamanan kegiatan.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala KUPP Tanjung Redeb, Dan Lantamal XIII TRK, Kepala KKP Tarakan, Polres Berau, jajaran Pos TNI-AL Berau, Kepala Dinas Kesehatan Berau, Dansubpom Berau, Koramil dan Polsek Sambaliung, Sat Polairud Berau, Pimpinan PT Prima Mas Berau, PT. Spil dan ratusan peserta dari Koperasi TKBM Tanjung Redeb, Koperasi TKBM Tanjung Batu, dari PT. Prima Mas Berau (PMB), PT. Spil dan PT. Pelindo IV Cabang Berau dan lainnya.

Terkait kegiatan vaksinasi hari ini, Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian mengatakan bahwa ini merupakan permintaan dari KUPP kelas II Tanjung Redeb kepada Kepala Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tarakan dan mendapat dukungan penuh dari Danlantamal XII Tarakan dan Pos TNI-AL Kabupaten Berau.

“Jadi kami disini bersinergi untuk memberantas Covid-19 agar masyarakat Kabupaten Berau bebas dari wabah virus ini, dan untuk vaksin yang kami ajukan ke KKP adalah untuk 663 orang, dan pada hari ini dilakukan vaksinisasi sebanyak 250 orang” kata Hotman, Kamis 22/7/2021.

Pada kesempatan itu, Hotman sebagai kepala KUPP Tanjung Redeb berharap agar masyarakat Kabupaten Berau sehat dan terbebas dari Covid-19.

“Harapan kami semua untuk vaksin ini adalah seluruh masyarakat sehat dan terbebas dari Covid-19, dan juga bisa melakukan aktivitas rutin dan tetap melakukan protokol kesehatan dan mari kita bersama masyarakat bersatu untuk melawan Covid-19, Indonesia pasti bisa,” ujar Hotman.

Sementara itu, Komandan Lantamal XIII TRK, Laksamana Pertama TNI Edi Krisna Murti mengatakan bahwa kita harus bersinergi untuk melakukan vaksinisasi agar cepat merata ke masyarakat.

Danlantamal XIII Tarakan Laksma TNI Edi Krisna Murti

“Vaksin yang ada ini adalah bersumber dari Kantor Kesehatan Pelabuhan, kami dari TNI AL menyediakan tenaga kesehatannya, dan memang wilayah kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan ini mencakup sampai wilayah Kabupaten Berau.  Jadi Alhamdulillah kita bisa membantu masyarakat disini, jadi kami bekerjasama bersama pemerintah daerah, TNI AL, Dinas Kesehatan untuk satu tujuan yaitu memutus mata rantai Covid-19 ini,” pungkas Edi.

Kadinkes Berau, Iswahyudi saat dimintai tanggapannya mengatakan melihat daftar peserta dari buruh, vaksin masih belum cukup, sehingga kita masih perlu bantuan dari seluruh unit yang bisa membantu seperti saat ini.

“Kita mendapat bantuan kurang lebih 500 sasaran sehingga mudah-mudahan kedepan kita juga jalin kerjasama lebih bagus dengan KKP sehingga bisa mendatangkan yang lebih besar. Sehingga capaian vaksinasi terhadap masyarakat Berau dapat terlaksana. Tetapi tetap diingatkan bagi teman-teman atau masyarakat yang sudah divaksin, tetap masker adalah yang utama, walaupun sudah divaksin jangan berpikiran, oh saya sudah kebal, masker adalah yang utama,” tandasnya.

Sedangkan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tarakan, Dayat mengatakan bahwa pihaknya melaksanakan ini karena permintaan dari KUPP Kelas II Tanjung Redeb, karena mitra kerja kami, sehingga kita laksanakan, namun karena logistiknya terbatas kegiatan ini kita laksanakan secara bertahap.

Dia juga menambahkan kegiatan ini juga tidak terlepas dari kerjasama pihaknya dengan Dinas Kesehatan, dan Lantamal XIII Tarakan. Dayat juga berharap masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan.

Mudah-mudahan kedepan bisa melakukannya secara masal, Dia juga mengatakan akan selalu bekerjasama dengan dinas kesehatan sehingga bisa melaksanakan vaksinasi masal nantinya.

Dayat juga mengatakan Insya Allah akan menyuplai kuota vaksin lagi untuk vaksinasi masyarakat Berau, khususnya masyarakat Maritim Kabupaten Berau. (gil)

 

 

Bagikan