Follow kami di google berita

KEBUTUHAN BERAS BERAU RATA-RATA 20 RIBU TON PER TAHUN, 70% BISA DIPENUHI LOKAL

ANEWS, Berau – Ranahnya Dinas Pangan bukanlah produksi, tidak sama dengan dinas pertanian, namun outputnya adalah data terkait ketersediaan beras dan keamanan pangan. Target utamanya adalah ketersediaan beras.

Dengan rata-rata kebutuhan beras secara standard provinsi/nasional per orang sebesar kurang lebih 90 kg per orang per tahun, sehingga kebutuhan beras rata-rata Kabupaten Berau per tahun sekitar 20 ribu ton. Kebutuhan beras itu menurut data pertanian, sekitar 70% dapat dipenuhi dari produksi beras lokal, sementara 30% pasokan dari luar Berau, Kepala Sub Bagian Program Dinas Pangan Berau, Robianto, ST mengatakan, Rabu, 10/3.

Kepala Sub Bagian Program Dinas Pangan Berau, Robianto, ST

Lebih lanjut Robianto mengatakan bahwa ada beberapa komoditi pangan selain beras yang produksinya di Kabupaten Berau cukup surplus seperti jagung, dan di bawahnya ada kedelai.

Sementara itu menurut Robianto, kalau Bulog ada yang namanya CPP (cadangan pangan pemerintah) yang dikeluarkan ketika ada bencana, seperti kondisi wabah (covid-19), hama dan gagal panen.

“Kerjasama dengan Bulog, kita ada program pembelian beras, target kita dalam setahun itu 20 ton untuk membantu warga yang memang memerlukan, paling 1 KK sebanyak 10 kg untuk memenuhi kekeurangan sementara,” ujarnya.

Jadi setiap tahun Dinas pangan mendepositokan 20 ton beras per tahun yang dititipkan di Bulog sebagai cadangan untuk membantu warga yang memerlukan ketika ada bencana, seperti covid dan sebagainya. (nov)

Bagikan

Subscribe to Our Channel