KAMPUNG BATIK TA’PURI BERAU, SARANA WISATA DAN BELAJAR BATIK

Hasil Kerajinan Tangan Kampung Batik

ANEWS, Berau – Triyoso Biantoro Ketua RT 18 menjelaskan mengenai Kampung Batik yang berada di Kabupaten Berau, tepatnya di Gang Amal RT 18 Jalan Pemuda, pada Rabu (25/11). Kampung Batik ini sudah berdiri sekitar 2 tahun yang lalu dan sudah diresmikan oleh Bupati Alm. H. Muharram bertepatan dengan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2018 lalu yang diberi nama Kampung Batik Ta’puri.

Kampung Batik Ta’puri ini merupakan gabungan dari beberapa masyarakat yang memiliki kegiatan kerajinan batik yang ada di sekitar Gang Amal tersebut, dan kampung batik inipun berada di bawah naungan Kelurahan Tanjung Redeb. Gabungan dari masyarakat itupun dijadikan satu lembaga yang diketuai oleh Ibu Lurah Tanjung Redeb.

Tepat akhir tahun 2018 gabungan dari masyarakat itupun mengikuti latihan membatik yang dibiayai dari BPJS Kabupaten Berau, dalam pelatihan tersebut kurang lebih 1 minggu mereka dilatih untuk membuat batik dengan berbagai cara diantaranya batik tulis dan cap. Semenjak diresmikan kampung batik pun menjadi para kunjungan wisatawan dari lokal maupun asing.

Saprah istri Ketua RT 18 pun menambahkan bahwa kepengurusan kampung batik pun akan terbuka secara umum jika ada masyarakat yang mau bersama-sama belajar dalam hal kegiatan membatik. Triyoso dan Saprah berharap agar masyarakat mau bersama-sama mengembangkan wisata kampung batik ini agar wisata ini pun bisa dikenal lebih luas lagi. (din/tsy)

Bagikan