Follow kami di google berita

Kamaruddin Dorong Pemkot Untuk Berikan Lahan Persawahan Untuk Petani Jelang Pemindahan IKN

(Foto: Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda, Kamaruddin/Ist)

Anews.id, Samarinda – Kota Samarinda akan menjadipenyangga terhadap kebutuhan pangan setelah ditetapkannya  Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Pasalnya, saat pusat Pemerintahan berpindah otomatis akan terjadi gelombang perpindahan penduduk yang cukup besar. Khususnya di setiap kota penyangga IKN, seperti Kota Samarinda.

Hal itu pun mendapat tanggapan dari Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda, Kamaruddin. Ia menuturkankebutuhan dasar seperti ketersediaan pangan harusnya sudah mulai dibenahi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. Terkhususnya bagi persawahan untuk para petani.

“Untuk mengantisipasi masalah (perpindahan dan kebutuhan pangan penduduk) sebelum hadirnya IKN, maka harus ada dorongan dari Pemkot untuk memberikan lahan pertanian dan kesejahteraan untuk masyarakat,”ungkap Kamaruddin saat dihubungi melalui sambungan seluler. Kamis (20/10/2022).

Selain itu, Kamaruddin menilai ketergantungan terhadap kebutuhan pangan dari luar Kaltim bisa menjadi motivasi bagi pemerintah agar segera mencetak lahan persawahan. Dengan tujuan untuk menciptakan ketahanan pangan bagi kota peyangga Samarinda jelang pemindahan IKN Nusantara.

“Karena sejauh ini banyak lahan yang sulit dikembangkan menjadi lokasi pertanian akibat tambang, belum lagi kelompok tani yang menerima bantuan dari pusat tetapi tidak dimanfaatkan dengan baik,” jelas Kamaruddin.

Kendati itu, politisi dari fraksi Nasdem itu berharap pemerintah bisa mendistribusikan lahan kepada para petani untuk dikelola menjadi persawahan, sehingga hal tersebut mampu memenuhi kebutuhan pangan kedepannya.

“Saya kira tanah Pemkot msih bnyak tanah Pemkot bisa di garap seharusnya menyikapi itu,” pungkasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel