JELANG NATAL DAN TAHUN BARU, PEMKAB BERAU GELAR RAPAT MENGENAI STOK BAHAN PANGAN DI KABUPATEN BERAU

Bahan Pokok (sumber foto Brilio.net)

ANEWS, Berau – Pemkab Berau gelar rapat pembahasan persiapan lonjakan harga menjelang Hari Natal dan Tahun Baru. Rapat yang digelar pada Jumat (11/12/20) di Ruang Sangalaki tersebut, dihadiri oleh Perindagkop, Bulog, Polres Berau, agen distributor dan beberapa instansi terkait.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Plt Bupati Berau, Agus Tantomo tersebut, meninjau ketersediaan bahan pokok serta mengantisipasi terjadinya lonjakan harga. Lonjakan harga tersebut kerap kali terjadi apalagi menjelang Hari-hari Besar Keagamaan.

Wiyati selaku Kepala Dinas Perindagkop mengungkapkan bahwa stok untuk Natal dan Tahun Baru masih dalam kategori mencukupi, Baik yang ada di Bulog maupun Agen distributor. Kisaran harga bahan-bahan pokok pun masih relatif stabil, dan tak ada lonjakan signifikan.

Wiyati selaku Kadis Perindagkop

“Untuk sementara stok bahan pokok masih aman, itu sudah kita pantau di Bulog kemudian Agen distributor. Yang kita utamakan 9 bahan pokok seperti beras, sayur dan buah, minyak goreng, gula dan beberapa item lainnya masih dalam kategori cukup untuk dua bulan ke depan,” ungkap Wiyati.

Ia pun menambahkan kenaikan harga 2-3 ribu rupiah belum memasuki kategori inflasi, dapat dikatakan masih menjadi hal yang wajar. Serta kondisi pola kehidupan di masa pandemi ini mempengaruhi stok bahan pokok sehingga dari segi ketersediaan lebih tercukupi.

“Kondisi tahun ini kan beda sama tahun lalu ya, jadi dari stok yang ada istilahnya tercukupi karena kita tidak ada perayaan Tahun Baru, Natal juga tidak besar-besaran. Sehingga masyarakat itu tidak terlalu banyak memerlukan bahan makanan seperti tahun sebelumnya,” tutupnya.

Serta perindagkop bersama Bulog dan salah satu Agen distributor akan mengadakan Pasar Murah di Kecamatan Segah pada 14 hingga 16 Desember 2020. (nov)

Bagikan