Follow kami di google berita

Jaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI

A-News.id, Tanjung Selor — Letak Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, tepatnya Sabah dan Sarawak memiliki panjang garis batas kurang lebih mencapai 1.038 Kilometer.

Kabupaten Nunukan, salah satu lokasi di Kaltara yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Malaysia.

Gubernur Kaltara Zainal Paliwang yang pada saat pelepasan dan penyambutan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia – Malaysia pada Selasa (20/9) menginginkan, pengawasan serius terhadap wilayah perbatasan. Karena, bagian dari negara yang harus dijaga.

“Pengawasan wilayah perbatasan, harus dilakukan untuk menjaga kedaulatan Negara menjadi tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI),” jelasnya.

Bahkan, lanjutnya keberadaan Satgas Pamtas di perbatasan berhasil mencegah berbagai bentuk pelanggaran hukum di wilayah perbatasan.

pelanggaran yang terjadi diantaranya penyeludupan narkoba, miras,balpres, kosmetik ilegal dan senjata rakitan.

Bahkan keberadaan satgas pamtas berkontribusi bagi masyarakat perbatasan dengan melakukan deportasi pelintas batas ilegal dan selama 8 bulan juga telah berhasil melakukan pencegahan Covid 19.

Zainal juga mengapresiasi kepada satgas pamtas yang sudah melakukan tugas selama 13 bulan. Khususnya, kepada satgas pamtas Yonarmed 5 Pancargiri dan Yonif 621 Manuntung.

“Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Satgas Pamtas, dalam menjaga kedaulatan, menjaga keamanan dan penegakan hukum,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia sebutkan Pamtas tidak hanya soal kemampuan anggota dalam menjaga keamanan. Namun, bagaimana kemampuan prajurit dalam membangun interaksi yang baik dengan masyarakat melalui implementasi dari luhur Sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI.

“Berbaur dengan masyarakat perbatasan,mewujudkan stabilitas keamanan wilayah perbatasan,” pintanya.

Kepada satgas pamtas yang akan kembali bertugas mengantikan yang sebelumnya, dia menginginkan dapat meneruskan tugas dari satgas pamtas sebelumnya yang telah merintis.

“Jagalah kedaulatan dan Keutuhan NKRI,dengan penuh dedikasi dan profesionalisme, berikan pelayanan terbaik serta jalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait.Karena saya yakin,dengan kerja keras pasti dapat menjalankan tugas baik dan berhasil,” harapnya. (*Lia).

Bagikan

Subscribe to Our Channel