Follow kami di google berita

Hujan Lokal Guyur Kaltara 3 Hari Kedepan

A-News.id, Tanjung Selor — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjung Selor memprediksi hujan lokal akan mengguyur hampir seluruh wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) dalam 3 hari kedepan.

Prakiraan ini disampaikan oleh Forecaster BMKG Tanjung Selor, Magdalena Sidauruk, pada Kamis (2/5). Magdalena, yang akrab disapa Lena, menjelaskan bahwa beberapa wilayah di Kaltara akan mengalami hujan disertai petir dan kilat selama tiga hari kedepan.

Meskipun hujan diprediksi terjadi selama beberapa waktu, Lena juga menyebutkan bahwa cuaca cerah dan berawan juga akan terjadi di beberapa wilayah di Kaltara.

“Curah hujan yang terjadi 3 hari kedepan di beberapa wilayah di Kaltara ini cenderung tidak merata atau hujan lokal,” jelas Magdalena.

Penyebab hujan lokal ini, sambungnya, dipengaruhi oleh indeks MJO yang berada pada fase 3. Serta terdapat belokan angin dan konvergensi sehingga menyebabkan pembentukan awan di wilayah Indonesia, terutama di Kaltara.

Untuk memastikan keamanan masyarakat dalam beraktivitas di tengah curah hujan lokal, BMKG terus mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada terhadap perubahan cuaca signifikan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berdasarkan pantauan BMKG Tanjung Selor, beberapa wilayah di Kaltara mulai 1 hingga 10 Mei mengalami curah hujan menengah di sebagian wilayah.

Peluang curah hujan menengah (50-150 mm) dan curah hujan 50-75 mm diprediksi terjadi di beberapa wilayah seperti Pulau Nunukan, Sebatik, Tanjung Palas Timur, Tanah Lia, Sei Menggaris.

Sedangkan peluang curah hujan menengah 75-100 mm diprakirakan terjadi di Pujungan, Kayan Hilir, Tulin Onsoi, Lumbis Ogong, Sebuku, Sembakung, Sembakung Atulai, Sesayap, Betayau, Muruk Rian, Sekatak, Tanjung Palas Utara, Tanjung Palas Barat dan Peso Hilir.

BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mengikuti informasi terkini terkait prakiraan cuaca dari BMKG. (lia)

Bagikan

Subscribe to Our Channel