H. ABIDINSYAH HIMBAU PERUSAHAAN YANG BEROPERASI DI BERAU PRIORITASKAN TENAGA KERJA LOKAL

H. ABIDINSYAH

ANEWS, Berau – Seorang tokoh masyarakat Kabupaten Berau, H. Abidinsyah yang sangat dikenal oleh warga masyarakat Berau, menghimbau kepada semua perusahaan tambang dan atau sub-contractornya yang sudah dan yang akan beroperasi di Kabupaten Berau agar memprioritaskan tenaga kerja lokal Berau, khususnya mereka yang terkena dampak PHK belum lama ini yang diperkirakan berjumlah sekitar 3 ribuan orang.

H. Abidin meminta agar perusahaan-perusahaan yang memerlukan tenaga kerja tidak mengambil tenaga kerja dari luar Berau. Karena dampak dari PHK sudah begitu sulit, apalagi ditambah kondisi ekonomi selama pandemi ini.

Masalah skill, sepertinya warga Berau, khususnya tenaga kerja yang di-PHK itu bisa memenuhi kriteria perusahaan tambang atau sub-kontraktornya, karena mereka juga sudah pernah dipekerjakan.

Himbauan untuk perusahaan-perusahaan itu disampaikan H. Abidinsyah kepada ANews, 2/11, seusai ditemui beberapa perwakilan masyarakat Berau yang tadinya berkeinginan untuk melakukan unjuk rasa meminta agar nasibnya tenaga kerja dan eks tenaga kerja yang di PHK belum lama ini ke pemerintah dan DPRD.

H. Abidinsyah, mempertanyakan kapan lagi para stakeholder di Berau, khususnya sektor pengusaha pemanfaat sumber daya alam, seperti tambang batubara ini benar-benar memikirkan lebih jauh tentang bagaimana memberdayakan masyarakat Berau, tidak hanya sekedar memanfaatkan sumber daya alamnya saja.(jul/Nov)

 

 

Bagikan